Fakta Menarik Truck Tinja, Truck Kuras WC Yang Jarang Orang Tahu

Turn Off Light
Auto Next

Reviews

0 %

User Score

0 ratings
Rate This

Descriptions:

Fakta Menarik Truck Tinja, Truck Kuras WC Yang Jarang Jarang Orang Tahu – Hai, pembaca setia Sipjos.com! Kali ini, kami akan membahas tentang sebuah kendaraan yang mungkin tidak banyak diketahui oleh orang banyak, yaitu truk tinja. Meskipun terlihat biasa, truk ini memiliki fakta menarik yang patut untuk kita ketahui. Yuk, simak video berikut ini untuk mengetahui lebih lanjut!

Truk Tinja, Mengenal Lebih Dekat

Truk tinja, juga dikenal sebagai truk WC atau truk sedot tinja, merupakan kendaraan yang dirancang khusus untuk mengangkut kotoran manusia atau eek dari sistem WC atau toilet. Kendaraan ini memiliki beberapa ciri khas yang membedakannya dari truk biasa. Salah satunya adalah adanya tangki sebagai wadah penampung kotoran, yang nantinya akan diangkut dan dibuang ke tempat yang sesuai.

Cara Kerja Truk Tinja

Truk tinja dilengkapi dengan selang panjang yang berfungsi untuk menyalurkan dan mencapai tempat penyedotan. Ketika ada panggilan dari konsumen untuk melakukan penyedotan WC atau toilet yang mengalami berbagai masalah, seperti mampet atau penuh, truk tinja akan segera berangkat menuju lokasi.

Operator truk akan menghubungkan selang pada tangki truk dengan septic tank WC atau toilet yang memerlukan penyedotan. Proses penyedotan akan dilakukan dengan menggunakan truk sebagai alat bantu untuk menghisap kotoran dan memindahkannya ke dalam tangki.

Biaya Jasa Penyedotan

Biaya jasa penyedotan WC resmi dari pemerintah Provinsi DKI Jakarta berkisar sekitar 450.000 rupiah. Namun, untuk jasa dari pihak swasta, biayanya umumnya berkisar antara 375.000 hingga 800.000 rupiah, tergantung pada banyaknya kotoran yang harus disedot.

Baca Juga:   Nonton Film Spider-Man 2002 Full Movie Sub Indo

Destinasi Akhir Kotoran

Setelah proses penyedotan selesai, truk tinja akan membawa muatannya ke instalasi pembuangan lumpur tinja atau yang biasa disebut iplt. Di tempat ini, kotoran manusia akan dibuang dan dipindahkan ke dalam kolam khusus berukuran besar. Di sana, dilakukan pemisahan antara kotoran manusia, pasir, sampah, serta air yang tercampur satu sama lain.

Daur Ulang Kotoran Manusia

Setelah berhasil dipisahkan, kotoran manusia kemudian diolah kembali menjadi pupuk kotoran. Hal ini sangat penting karena limbah manusia mengandung banyak bakteri dan bisa menjadi pencemaran jika dibuang sembarangan ke danau atau sungai. Oleh karena itu, pengolahan kotoran ini sangatlah krusial untuk menjaga kebersihan lingkungan.

Apresiasi untuk Para Pahlawan Tanpa Tanda Jasa

Setelah mengetahui fakta-fakta menarik tentang truk tinja dan proses kerjanya, semoga kita semakin sadar akan pentingnya peran petugas sedot WC dan para pekerja di instalasi pembuangan lumpur tinja. Mereka berjuang untuk menjaga kebersihan lingkungan dan pantas diapresiasi sebagai pahlawan tanpa tanda jasa.

Bagaimana, sudahkah Anda lebih mengenal tentang truk tinja? Jangan lupa untuk berbagi video ini kepada teman-teman Anda dan ajak mereka untuk menonton dan membaca artikel lainnya di Sipjos.com. Jangan sampai ketinggalan informasi menarik lainnya! Sampai jumpa pada video berikutnya.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.