Jenis dan Fungsi Truck Molen atau Truck Mixer

Turn Off Light
Auto Next

Reviews

0 %

User Score

0 ratings
Rate This

Descriptions:

Jenis dan Fungsi Truck Molen atau Truck Mixer – Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh! Selamat datang kembali di HR Info Channel – Info Transportasi. Siapa di antara kalian yang pernah bertanya-tanya tentang apa sih truk molen itu? Mungkin pertanyaan ini sering muncul bagi mereka yang belum mengerti tentang alat-alat berat konstruksi. Sebenarnya, bagi kita sendiri, truk molen sudah tidak asing lagi karena sering kita jumpai di jalanan, terutama dalam perjalanan menuju tempat pembangunan.

Tapi, apa sebenarnya fungsi dari truk molen dan apa itu truk molen? Bagaimana cara kerjanya? Mari kita temukan jawabannya dalam video di bawah ini.

Truk Molen atau Truck Mixer

Truk molen, atau dalam bahasa Inggris disebut “truck mixer,” merupakan alat penting dalam mendukung pembangunan berskala besar. Truk ini termasuk dalam kategori alat berat dan sering digunakan untuk mengangkut dan mengaduk beton cor curah yang sudah siap pakai dari baching plant atau pabrik olahan beton ke lokasi pengecoran.

Berat truk molen ini berkisar sekitar 25 ton, tergantung pada merek kendaraan yang memproduksinya. Ciri khas dari truk ini adalah adanya tabung besar sebagai tempat penampungan beton yang akan didistribusikan. Di bagian dalam tabung terdapat pisau berbentuk spiral yang bekerja dengan putaran satu arah. Pisau spiral ini cukup besar dan kuat, berfungsi sebagai pengaduk beton cor.

Baca Juga:   Truck Ural, Truck Segala Medan

Jenis-jenis Truk Molen

Ada beberapa jenis truk molen berdasarkan kapasitas daya angkutnya, namun yang umum di Indonesia ada dua jenis, yaitu:

1. Truk Molen Ukuran Mini

Kapasitas angkut berkisar antara 2,5 hingga 3 meter kubik per sekali angkut. Jenis truk ini sangat fleksibel untuk berbagai jenis jalan, termasuk jalan menanjak, jalan sempit berbatu, dan lainnya.

2. Truk Molen Standar

Truk ini dapat mengangkut dengan kapasitas hingga 7 meter kubik. Kelebihan truk standar adalah kapasitas angkutnya lebih banyak, namun kekurangannya adalah tidak sefleksibel truk ukuran mini dalam mengakses jalan-jalan sempit.

Cara Kerja Truk Molen

Inilah yang menarik! Ketika truk molen melintas di jalan, tabungnya selalu berputar sepanjang perjalanan. Fungsi utama dari putaran tabung ini adalah agar campuran beton di dalamnya tetap terjaga komposisinya. Selama perjalanan menuju lokasi pembangunan, tabung truk molen berputar dengan kecepatan sekitar 8-12 putaran per menit.

Alasan lainnya adalah untuk membuat beban truk lebih ringan, sehingga truk dapat bergerak dengan lancar. Selain itu, putaran tabung juga bertujuan agar adukan beton tetap homogen atau memiliki sifat tekstur yang sama di setiap titiknya dan tidak mengeras selama perjalanan.

Sampai di lokasi pengecoran, tabung truk molen terus berputar sambil mengeluarkan adukan beton melalui pipa yang tersedia. Setelah semua campuran beton terdistribusi, tabung tetap berputar hingga sisa beton yang ada di dalamnya habis. Barulah setelah bersih, tabung molen berhenti berputar.

Baca Juga:   Tidak usah peduli dengan omongan orang lain, Motivasi kehidupan

Kesimpulan

Jadi, jika suatu ketika kalian melihat truk molen yang tidak berputar, kemungkinan besar truk tersebut tidak membawa adukan beton dan sedang tidak digunakan. Truk molen adalah alat penting dalam pembangunan, membantu mengangkut dan mengaduk beton cor dengan efisien.

Jangan lupa untuk mendukung channel kami dengan cara like dan subscribe agar kami selalu semangat dalam memberikan informasi menarik seputar dunia transportasi. Bisa juga kunjungi media sosial kami untuk mendapatkan konten-konten menarik lainnya.

Tonton video ini untuk melihat truk molen dalam aksi, dan jangan lupa berbagi dan berlangganan artikel di Sipjos.com untuk informasi terkini seputar transportasi!

Oke, sampai jumpa di video selanjutnya! Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh! Hai hai!