Kota Gaib Modern di Kalimantan: Saranjana

Turn Off Light
Auto Next

Reviews

0 %

User Score

0 ratings
Rate This

Descriptions:

Kota Gaib Modern di Kalimantan: Saranjana – Apakah Anda pernah mendengar tentang kota misterius yang dikenal sebagai Saranjana? Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, nama ini mungkin masih terdengar asing. Namun, bagi penduduk Kalimantan, Saranjana adalah sebuah legenda yang terus diceritakan dari generasi ke generasi. Kisah tentang kota gaib ini telah memikat imajinasi banyak orang.

Saranjana, sebuah kota supranatural, dikatakan dihuni oleh makhluk astral dengan peradaban yang sangat maju. Gedung pencakar langit dan jalan-jalan besar memenuhi kota ini, sementara penduduknya hidup dalam kemewahan dan kekayaan. Teknologi modern konon menjadi ciri khas Saranjana, menjadikannya tempat yang selalu mengikuti perkembangan zaman.

Salah satu kisah terkenal tentang Saranjana adalah insiden pada tahun 1980-an, ketika alat berat mahal tiba dari Jakarta dengan alamat pengiriman ke kota tersebut. Padahal, secara administratif, Saranjana tidak pernah terdaftar di Kabupaten Kotabaru. Cerita lainnya mencatat pengalaman wisatawan yang melihat manusia di tengah gedung pencakar langit, hanya untuk berubah menjadi gunung ketika didekati.

Bahkan beberapa musisi terkenal Indonesia, seperti Tantri dan Ari Lasso, mengaku pernah mengadakan konser di kota ini. Namun, ada juga cerita tentang orang yang hilang setelah mengunjungi Saranjana, diyakini karena mereka terpikat oleh kemegahan kota gaib ini.

Lokasi pasti Saranjana masih diperdebatkan. Ada beberapa versi mengenai letaknya, dari Kota Baru Kalimantan Selatan hingga Teluk Tamiang. Bahkan ada hipotesis bahwa Saranjana terletak di sebuah bukit kecil di desa Oka Oka, Pulau Laut.

Baca Juga:   Nonton Film Jakarta Tenggelam Full Movie

Asal usul nama “Saranjana” juga memiliki beragam teori. Beberapa menduga bahwa nama ini berasal dari suku Dayak yang dulunya tinggal di Pulau Laut. Suku ini mengamalkan kepercayaan animisme dan menganut nama “Samburan Jana,” yang kemudian berubah menjadi Saranjana. Namun, versi lain mengatakan bahwa nama ini muncul dari memori kolektif sebagai negeri impian dari pemilik pertama tanah di Pulau Laut.

Seiring waktu, Saranjana pun menjadi mitos yang terus berkembang. Meskipun lokasinya belum pasti, cerita tentang kota gaib ini terus memikat perhatian banyak orang. Tertarik untuk lebih mendalami kisah menarik di balik Saranjana? Tonton video lengkapnya dan bagikan pengalaman Anda di media sosial. Jangan lupa untuk mengikuti situs kami, sipjos.com, agar tetap mendapatkan informasi menarik lainnya!