Pacu Jalur Mendunia viral di tiktok: Tradisi Lomba Dayung Prahu Di Riau Indonesia

Turn Off Light
Auto Next

Reviews

0 %

User Score

0 ratings
Rate This

Descriptions:

Pacu Jalur Mendunia viral di tiktok: Tradisi Lomba Dayung Prahu Di Riau Indonesia – Tengah gempar di TikTok, video-video mengenai pacu jalur mendunia sedang mencuri perhatian. Tradisi terkenal ini menghidupkan kembali pesona lomba dayung perahu di atas air.

Kamu penasaran apa sebenarnya pacu jalur mendunia itu? Yuk, kita kupas tuntas!

Jika kamu pernah melihat video viral di TikTok, pasti tak asing dengan adegan pria mendayung perahu panjang sambil anak kecil menari di ujung kapal.

Tapi, tunggu dulu, apa sebetulnya pacu jalur mendunia itu? Simak penjelasannya di sini.

Dari ribuan video di TikTok, pacu jalur mendunia terlihat dalam pesonanya. Dalam adegan yang terekam, pria-pria gagah mendayung perahu kayu dengan anak-anak riang berdiri di ujung kapal, meramaikan suasana.

Mungkin kamu bertanya, pacu jalur mendunia ini sebenarnya apa? Ayo, kita telusuri lebih jauh.

Pacu jalur adalah kompetisi mendayung tradisional yang lahir di Kuantan Singingi (Kuansing), Riau. Mengutip dari sumber terpercaya, Kemendikbud, dalam setiap perlombaan, perahu yang digunakan merupakan kayu gelondongan yang disebut sebagai jalur oleh masyarakat setempat.

Jadi, mengapa pacu jalur mendunia begitu istimewa? Karena acara ini telah menjadi bagian penting dalam kalender wisata Riau yang wajib dikunjungi para pelancong.

Lebih dari sekadar event, pacu jalur telah menjadi pesta rakyat tahunan di Riau yang tak boleh dilewatkan.

Baca Juga:   Yang Akan terjadi Kalau Air laut Tidak Asin lagi

Acara ini dibuka dengan meriah, ribuan warga berkumpul di tribun dan tepian Narosa, Teluk Kuantan, untuk merayakan momen bersejarah ini.

Perlu kamu ketahui, pacu jalur mendunia adalah ciri khas dari masyarakat Kuansing yang begitu mengakar.

Namun, sebenarnya pacu jalur hanyalah puncak dari rangkaian kegiatan masyarakat Kuansing. Hal ini menandakan bahwa pacu jalur bukan hanya semata tradisi, tetapi juga simbol pengabdian dan kerja keras selama setahun.

Jika kita lihat dari sisi sejarah, pacu jalur sudah diwariskan sejak abad ke-17. Dahulu, jalur yang digunakan adalah alat transportasi utama bagi warga desa di Rantau Kuantan.

Tak hayal lagi, pesona pacu jalur mendunia telah menginspirasi berbagai kalangan. Ahli sejarah Hasbullah dari UIN Sultan Syarifn Kasim Riau mengungkapkan bahwa pacu jalur dulunya adalah cara hidup dan mata pencaharian masyarakat setempat.

Tidak bisa disangkal, pacu jalur mendunia adalah bukti hidupnya warisan budaya yang tak ternilai dari Indonesia. Bagi kamu yang ingin selalu update berita dan informasi menarik seputar budaya dan tradisi, kunjungi situs web kami di sipjos.com. Jangan sampai ketinggalan!