Mengenal Lori Hantu, Truck Unik Dari Malaysia

Turn Off Light
Auto Next

Reviews

100 %

User Score

1 ratings
Rate This

Descriptions:

Mengenal Lori Hantu, Truck Unik Dari Malaysia – Hai, pembaca setia Sipjos.com! Kali ini, kami akan membawa Anda untuk mengenal truk unik yang mungkin tidak ada duanya di dunia ini, yaitu Lori Hantu dari Negeri Jiran Malaysia. Tunggu dulu, jangan sampai terlewatkan untuk menonton video menarik tentang Lori Hantu di atas! Setelah itu, jangan lupa untuk berbagi artikel ini dengan teman-teman Anda dan berlangganan artikel menarik lainnya di situs web kami, Sipjos.com!

Apa Itu Lori Hantu?

Lori Hantu, seperti namanya yang unik, merupakan sebutan warga lokal negara Malaysia untuk truk dengan tanpa surat atau dokumen resmi yang biasanya dioperasikan di area-area tertentu, seperti industri kehutanan dan pertambangan. Truk ini digunakan untuk menarik kayu gelondongan atau muatan tanah dengan beban yang seringkali melebihi kapasitas standar.

Asal Usul Lori Hantu

Sejarah Lori Hantu bermula pasca Perang Dunia Kedua, ketika banyak truk eks militer Inggris berjenis cmpka atau Canadian military pattern beredar di Malaysia. Truk-truk ini memiliki bentuk kabin yang sangat khas, dengan kabin berbentuk kotak dan dilengkapi dengan dua lampu bulat tanpa atap. Tentu saja, hal ini menambah kesan mistis dan menyeramkan pada Lori Hantu.

Setelah akhir perang, truk-truk jenis cmpka ini cukup banyak tersebar di kawasan Asia, termasuk di Malaysia dan Indonesia. Namun, seiring berjalannya waktu, Lori Hantu mengalami perkembangan dengan mengalami modifikasi secara ekstensif. Meskipun kabinnya tetap mengadopsi model cmpka asli, sisi-sisi lain dari truk ini telah dirombak oleh berbagai bengkel truk di Malaysia.

Baca Juga:   9 Ratu Gaib yang memiliki kekuatan sakti di Nusantara

Modifikasi dan Kehidupan Saat Ini

Modifikasi yang dilakukan pada Lori Hantu mencakup penggantian beberapa bagian dengan menggunakan komponen truk Eropa atau Jepang. Sehingga, tidak jarang kita temui mesin buatan Nissan, gearbox dari Hino, atau gandanya yang merupakan buatan RRC. Semua perubahan ini dilakukan agar truk ini tetap beroperasi sesuai dengan kondisi lapangan dan ketersediaan suku cadang yang ada.

Tentu saja, hal ini menjadikan setiap Lori Hantu memiliki karakter unik dan berbeda-beda. Beberapa bahkan memiliki kabin dari mercedes-benz 911 atau varian lainnya.

Keberadaan Terkini dan Kendala

Saat ini, keberadaan Lori Hantu semakin langka. Informasi tentang jumlah pastinya tidak dapat dipastikan, namun truk-truk ini diketahui tidak sebanyak dulu. Terdapat pembatasan bagi Lori Hantu untuk beroperasi di jalan aspal, dan mereka hanya diperbolehkan beredar di sekitar pertambangan ataupun perkebunan. Hal ini disebabkan oleh anggapan bahwa Lori Hantu dianggap tidak aman bagi pengguna jalan dan dapat berakibat fatal jika terjadi kecelakaan.

Kesimpulan

Itulah sedikit ulasan tentang Lori Hantu, truk unik dari Negeri Jiran Malaysia. Meskipun asal usulnya berasal dari truk eks militer, namun perkembangan dan modifikasi yang dilakukan telah mengubahnya menjadi truk yang unik dan menarik perhatian banyak orang. Dengan keberadaannya yang semakin langka, Lori Hantu menjadi bagian dari sejarah transportasi di Malaysia yang patut untuk diapresiasi.

Baca Juga:   Kelahiran hari senin menurut primbon jawa dan Islam

Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan Anda tentang truk unik dari Malaysia ini. Jangan lupa untuk menonton video di atas dan berbagi informasi menarik ini dengan teman-teman Anda. Tetap pantau Sipjos.com untuk artikel menarik lainnya seputar transportasi dan lainnya. Terima kasih telah menyempatkan waktu untuk membaca, sampai jumpa lagi!