Fakta Truk Tambang, Si Alat Berat Raksasa

Turn Off Light
Auto Next

Reviews

0 %

User Score

0 ratings
Rate This

Descriptions:

Fakta Truk Tambang, Si Alat Berat Raksasa – Mengenal Truck Monster Truk Tambang Atau Truck Raksasa.

Apakah Anda pernah penasaran tentang truk raksasa yang sering digunakan di pertambangan? Mari kita jalan-jalan ke dalam dunia truk tambang yang luar biasa ini. Truk tambang, juga dikenal sebagai dump truck, adalah jenis kendaraan yang dirancang dengan ukuran dan kapasitas yang sangat besar untuk mengangkut hasil pertambangan. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai aspek menarik tentang truk monster ini.

Ukuran dan Dimensi yang Mengejutkan

Truk tambang memang luar biasa dalam hal ukuran. Mereka memiliki dimensi ekstra besar untuk mampu mengangkut muatan yang sangat berat. Contohnya, truk merek 75710 yang digunakan di Rusia memiliki panjang 20,6 meter, lebar 9,87 meter, dan tinggi 8,16 meter. Bayangkan, ukurannya nyaris setara dengan bangunan tiga lantai! Dimensi seperti ini memungkinkan truk tambang untuk mengangkut sejumlah besar material seperti tanah, pasir, biji kerikil, dan limbah pembongkaran di lokasi pertambangan besar.

Kapasitas Muatan yang Luar Biasa

Salah satu hal yang membedakan truk tambang adalah kapasitas muatannya yang luar biasa besar. Truk ini dapat membawa puluhan hingga ratusan ton material dalam sekali perjalanan. Bahkan, beberapa merek terkenal memiliki truk dengan daya muat hingga 600 ton! Untuk memberikan gambaran, bayangkan bahwa truk ini bisa membawa muatan setara dengan 200 ekor gajah yang masing-masing beratnya sekitar 3 ton.

Baca Juga:   Yang Terjadi Di Alam Barzakh Ketika Makam Di Ziarah Dan Di Doakan

Mesin Powerhouse

Tidak hanya ukurannya yang mengesankan, truk tambang juga memiliki mesin dengan tenaga yang besar. Sebagai contoh, truk merek Tyrex mt6300 AC dilengkapi dengan mesin 20 silinder 4 langkah yang mampu menghasilkan tenaga sampai 4000 bhp. Mesin ini ditenagai oleh alternator listrik yang memberikan daya pada motor listrik, memungkinkan truk untuk melaju dengan kecepatan hingga 65 km/jam pada jalan yang rata. Dengan berat kosong sekitar 250 ton, truk ini benar-benar menjadi kekuatan besar di lokasi pertambangan.

Ban Raksasa yang Menopang Semuanya

Salah satu aspek yang menarik adalah ukuran ban truk tambang. Ban ini sangat besar dan kuat, karena harus menopang seluruh berat kendaraan dan muatannya. Sebagai contoh, truk merek 797f menggunakan ban dengan ukuran 59/80r63, rem berukuran 44 inch, dan tinggi ban mencapai sekitar tiga setengah meter! Bahkan, harga satu set ban truk ini bisa setara dengan harga mobil sedan baru, atau sekitar 250 jutaan.

Investasi Besar untuk Performa Luar Biasa

Meski impresif dalam segala hal, truk tambang juga hadir dengan harga yang tak kalah mengesankan. Harga satu unit truk yang memiliki kapasitas lebih dari 400 ton bisa mencapai lebih dari 100 miliar rupiah. Tidak heran, hanya perusahaan konstruksi dan pertambangan besar seperti PT Freeport di Papua yang mampu berinvestasi dalam truk tambang semegah ini.

Baca Juga:   Ciri orang pelihara tuyul

Kesimpulannya, truk monster atau truk tambang adalah keajaiban teknik yang memainkan peran penting di industri pertambangan. Dengan dimensi raksasa, kapasitas muatan yang luar biasa, mesin powerhouse, dan ban super besar, mereka menjadi tulang punggung operasional pertambangan modern. Jika Anda penasaran lebih lanjut, jangan ragu untuk menonton video yang disematkan untuk mendapatkan wawasan lebih mendalam. Jangan lupa untuk berbagi artikel ini ke media sosial dan mengikuti sipjos.com untuk informasi menarik lainnya!

*Selalu ingat, ketika Anda berada di jalan raya, keselamatan adalah yang utama. Sampai jumpa di artikel berikutnya!*