Kenapa Beli Truck Di Dealer Cuma Dapat Sasis Dan Mesinya

Turn Off Light
Auto Next

Reviews

0 %

User Score

0 ratings
Rate This

Descriptions:

Kenapa Beli Truck Di Dealer Cuma Dapat Sasis Dan Mesinya – Halo, pembaca setia Sipjos.com! Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh! Kali ini, kami akan membahas tentang alasan mengapa saat Anda membeli truk di dealer, Anda hanya mendapatkan kepala truknya saja. Ini merupakan fenomena yang berbeda dibandingkan dengan membeli mobil penumpang atau mobil pribadi, di mana pembeli biasanya mendapatkan unit utuh mulai dari mesin hingga seluruh bagian lainnya.*

Tak Lengkap Tanpa Karoseri

Dealer kendaraan komersial, seperti truk, sebenarnya tidak pernah menjual unit truk yang sudah jadi atau utuh. Saat Anda membeli truk baru, Anda hanya akan mendapatkan kepala truknya saja. Kepala truk mencakup mesin, sasis, serta roda. Lantas, mengapa hal ini bisa terjadi?

Perbedaan utama yang menjadi alasan di balik praktik ini adalah bagian kargo atau boks truk. Bagian ini sebenarnya tidak dijual oleh dealer, melainkan akan dibuat oleh pihak karoseri. Setiap truk memiliki berbagai macam dan tipe yang berbeda sesuai dengan tugas dan fungsinya. Karena itu, dealer hanya menjual unit kepala truk saja, sementara bagian kargo akan disesuaikan dengan kebutuhan konsumen.

Custom Sesuai Kebutuhan

Setelah membeli truk dari dealer, langkah selanjutnya adalah melengkapi bagian lainnya di karoseri. Proses ini memungkinkan para konsumen untuk menyesuaikan truk sesuai dengan kebutuhan bisnis mereka. Misalnya, jika truk akan digunakan untuk BAB terbuka atau tangki, konsumen akan mendapatkan spesifikasi sesuai dengan tipe truk tersebut. Begitu juga jika truk akan digunakan untuk keperluan kargo atau inbox.

Baca Juga:   Makhluk Bumi Sebelum Nabi Adam (Penghuni Bumi Sebelum Manusia)

Namun, ada hal yang perlu diperhatikan dalam hal ini, yaitu harga jasa karoseri. Biaya untuk melengkapi bagian truk ini bisa saja sama atau bahkan lebih mahal dari harga truk itu sendiri. Semua tergantung pada spesifikasi yang diinginkan oleh konsumen.

Peraturan dan Monopoli Usaha

Di Indonesia, peraturan mengenai pembelian truk seperti ini telah ditetapkan oleh pemerintah. Praktik ini berkaitan dengan perihal monopoli usaha. Saat Anda membeli truk Mitsubishi, misalnya, Anda pertama kali membeli sasisnya dari dealer Mitsubishi. Selanjutnya, bagian bodi truk akan dibuat oleh perusahaan karoseri di Indonesia.

Hal ini bertujuan untuk memberdayakan perusahaan dalam negeri atau lokal. Meskipun sasis truk merupakan buatan produsen asal Jepang, namun proses pembuatan bodi truk dilakukan oleh perusahaan karoseri lokal. Adanya kerjasama ini juga turut mendukung pertumbuhan ekonomi dalam negeri.

Namun, di beberapa negara di luar Indonesia, ada juga produsen truk yang menjual unit truk secara langsung, tanpa perlu melalui tahap karoseri terpisah.

Kesimpulan

Kini, Anda sudah mengetahui alasan mengapa ketika membeli truk di dealer, Anda hanya mendapatkan kepala truknya saja. Praktik ini berbeda dengan membeli mobil penumpang atau mobil pribadi yang biasanya langsung utuh. Hal ini terjadi karena bagian kargo atau boks truk akan disesuaikan dengan tugas dan fungsinya, sehingga truk yang dijual oleh dealer hanya berupa kepala truk.

Baca Juga:   Kelahiran Hari Minggu Menurut Primbon Jawa Dan Islam

Setelah membeli truk di dealer, proses selanjutnya adalah melengkapi bagian lainnya di karoseri sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Meskipun proses ini memberikan fleksibilitas untuk menyesuaikan truk dengan kebutuhan, Anda perlu memperhatikan biaya jasa karoseri yang mungkin dapat mempengaruhi total biaya akhir.

Kini, jangan lupa untuk menonton video di atas untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. Jika Anda menyukai artikel ini, mari berbagi dan berlangganan artikel di Sipjos.com untuk mendapatkan informasi menarik lainnya seputar transportasi. Terima kasih telah membaca, semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan Anda. Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh! [Musik]