Makna Lagu Sluku Sluku Bathok, Media Dakwah Sunan Kalijaga

Turn Off Light
Auto Next

Reviews

0 %

User Score

0 ratings
Rate This

Descriptions:

Makna Lagu Sluku Sluku Bathok, Lagu Dolanan Anak sebagai Media Dakwah Sunan Kalijaga – Abadi dalam khasanah musik Indonesia, lagu-lagu daerah terus memancarkan keindahan dan kekayaan budaya bangsa. Salah satu contohnya adalah lagu yang terkenal dengan judul “Sluku Sluku Batok”. Lagu ini memiliki pesona khusus yang telah menghiasi dunia musik Indonesia selama bertahun-tahun. Namun, di balik melodi yang menyenangkan, apakah terdapat makna yang lebih dalam yang mungkin terlewatkan oleh pendengar? Mari kita gali makna di balik lirik lagu yang berjudul “Sluku Sluku Batok”.

Lagu-lagu daerah memiliki daya tarik yang tak terbantahkan dalam memperkaya kebudayaan suatu bangsa. Di Indonesia, lagu-lagu daerah menjadi bagian penting dari warisan budaya yang telah diwariskan dari generasi ke generasi.

Salah satu lagu yang menarik perhatian adalah “Sluku Sluku Bathok”. Lagu ini terkenal di kalangan anak-anak sebagai lagu dolanan (lagu bermain) yang menyenangkan. Namun, sedikit yang tahu bahwa lagu ini memiliki latar belakang sejarah dan makna yang mendalam. Mari kita simak lebih lanjut tentang bagaimana “Sluku Sluku Bathok” menjadi media dakwah yang digunakan oleh Sunan Kalijaga untuk menyebarkan Islam di tanah Jawa.

Lagu Dolanan sebagai Media Dakwah

Sunan Kalijaga, salah satu dari sembilan wali songo yang berperan penting dalam penyebaran agama Islam di Indonesia, dikenal sebagai tokoh yang menciptakan karya seni sebagai sarana dakwah. Ia menggunakan berbagai bentuk seni, termasuk lagu-lagu, untuk menyampaikan pesan-pesan agama kepada masyarakat Jawa.

Baca Juga:   Nonton film Hostile film bioskop full movie sub indo

Dalam konteks ini, “Sluku Sluku Bathok” bukan hanya sekadar lagu anak-anak, tetapi juga media dakwah yang digunakan oleh Sunan Kalijaga untuk menyebarkan ajaran Islam dengan cara yang lembut dan mudah diterima oleh masyarakat.

Pendekatan Alon-Alon Waton Klakon

Salah satu ciri khas pendekatan dakwah Sunan Kalijaga adalah menggunakan pendekatan “alon-alon waton kelakon”. Pendekatan ini berarti perlahan tapi pasti, tanpa menggurui atau terkesan memaksakan pendapat.

Tujuannya adalah untuk menghindari terjadinya gejolak sosial dalam masyarakat. Dengan pendekatan yang lembut dan santai, Sunan Kalijaga berhasil menyebarkan ajaran agama Islam secara bertahap dan melibatkan masyarakat dalam proses tersebut.

Makna Lirik Sluku Sluku Bathok

Meskipun pada awalnya lirik “Sluku Sluku Bathok” terdengar seperti bahasa Jawa, sebenarnya lagu ini digubah oleh Sunan Kalijaga dari bahasa Arab. Lirik tersebut berisi pesan-pesan kehidupan yang mencakup nilai-nilai moral dan ajaran agama. Dalam lirik lagu ini, Sunan Kalijaga mengajarkan tentang pentingnya rasa syukur kepada Allah, kesederhanaan dalam hidup, dan kebaikan hati terhadap sesama.

Warisan Budaya yang Berharga

“Sluku Sluku Bathok” menjadi salah satu contoh karya seni yang meninggalkan jejak penting dalam budaya masyarakat Jawa. Lagu ini tidak hanya menjadi bagian dari kesenian daerah, tetapi juga memperkaya peradaban budaya yang dibangun oleh Sunan Kalijaga. Lagu dolanan ini telah menjadi warisan budaya yang harus kita lestarikan dan wariskan kepada generasi selanjutnya.

Baca Juga:   Amalan Ampuh Ketika Kamu Tersakiti

lirik tembang dolanan Sluku Sluku Bathok.

Sluku Sluku Bathok.

Bathoke ela elo

Si Rama menyang Solo

Oleh-olehe payung motha[/columns]

Mak jenthit lolo lobah

Wong mati ora obah

Nek obah medeni bocah

Nek urip goleko dhuwit

Dalam lagu ini pula, Sunan Kalijaga menyampaikan makna dan filosofi tentang kehidupan masyarakat Jawa sekaligus ajaran Islam. Lantas, apa arti dan makna lirik lagu Sluku Sluku Bathok?

Merujuk pada buku Sunan Kalijaga Sang Negarawan dan Budayawan karangan Siti Nur Aidah (2020: 45), berikut uraian maknanya.

Arti dan Makna Lagu Sluku Sluku Bathok

Sluku-sluku bathok

Hidup tidak boleh dihabiskan hanya untuk bekerja. Manfaatkanlah waktu istirahat dengan baik. Hal ini bertujuan agar jiwa dan raga selalu dalam kondisi sehat dan seimbang. Selain itu, Bathok atau kepala perlu beristirahat, agar kinerjanya dapat berjalan maksimal.

Bathoké éla élo

Dengan berdzikir éla-élo (lafaz dzikir Laa Ilaaha Ilallah), manusia diperingatkan untuk selalu mengingat Allah. Dengan mengingat-Nya hati manusia menjadi lebih tentram.

Si Rama menyang Solo

Siram (mandilah, bersucilah) menyang (menuju) Solo (Solat). Artinya, manusia diperintahkan untuk bersuci dengan cara berwudhu untuk segera mendirikan sholat.

Oléh-oléhé payung mutho

Dengan dzikir dan sholat, manusia akan mendapatkan perlindungan (payung) dari Allah.

Mak jenthit lolo lo bah

Kematian itu datangnya tiba-tiba, tidak ada yang tahu. Kematian juga tidak bisa diprediksi, tidak bisa dimajukan, atau dimundurkan walau sesaat.

Baca Juga:   Arti Mimpi Bertemu Ibu Yang Sudah Meningal

Wong mati ora obah

Saat kematian datang, semua sudah terlambat. Manusia tidak mampu lagi bergerak, sehingga kesempatan mereka untuk beramal hilang.

Yen obah medéni bocah

Banyak jiwa-jiwa yang merindukan dunia dan meminta dihidupkan kembali, tapi Allah tak mengizinkan. Jika mayat dihidupkan lagi, maka bentuknya pasti menakutkan dan mudharatya tentu lebih besar.

Yén urip goléko dhuwit

Kesempatan untuk beramal hanya ada ketika manusia masih hidup di dunia. Selagi mampu sekaligus ada waktu, tempat beramal hanya ada di dunia, bukan di akhirat. Di akhirat adalah tempat manusia memetik hasil apa yang telah ia amalkan selama hidup di dunia.

3 Items

Casts

Santri secara umum adalah sebutan bagi seseorang yang mengikuti pendidikan agama Islam di pesantren sipjos.com
Membaca Sholawat Nabi, Keutamaan Membaca Sholawat Nabi, Fadhilah Sholawat, Fadhilah Shalawat yang Luar Biasa.

Keutamaan Sholawat

Fadhilah Sholawat. Fadhilah atau Keutamaan Sholawat Nabi. Berikut ini Fadhilah Shalawat yang Luar Biasa sipjos.com

Fadhilah Shalawat

3 Items

Crews

Pengertian dakwah, Dakwah Islam secara bahasa, Jalur dakwah, dakwah juga bisa diartikan sebagai seruan atau ajakan sipjos.com
Syiar Nusantara macam macam syiar islam hadits tentang syiar islam, syiar quran adalah tujuan syiar islam materi tentang syiar islam
Musik religi. Ciri-ciri dari musik religi. Musik religi akan lebih jarang menggunakan instrumental musik religi islami selain dari piano

Nada Dan Dakwah

4 Items

Artists

Ning Umi Laila

Ning Umi Laila

Biodata Gus Azmi penyanyi sholawat. Profil Gus Azmi artis lagu religi islami. Kumpulan biodata artis sholawat sipjos.com

Gus Azmi

Biodata Alfina Nindiyani penyanyi sholawat. Profil Alfina Nindiyani artis lagu religi islami. Kumpulan biodata artis sholawat sipjos.com

Alfina Nindiyani

Biodata Risa Solihah penyanyi sholawat. Profil Risa Solihah artis lagu religi islami. Kumpulan biodata artis sholawat sipjos.com

Risa Solihah