5 Tips Memilih Hijab Anti Gerah

Hijab Anti Gerah

Tren fashion hijab makin populer dengan beragam model hijab yang dapat dipilih. Mengenakan hijab bukan lagi masalah untuk tidak tampil stylish dan bergaya. Dengan aneka motif, desain dan warna menarik, kamu bisa tetap tampil cantik menawan.

Namun masalah yang sering dialami ketika menggunakan hijab sepanjang hari di tengah cuaca panas. Rasa gerah berkeringat menjadi sering datang dan mengganggu aktivitas dan bikin tidak betah menggunakan hijab. Padahal, dengan hijab yang tepat, rasa gerah tidak akan datang.

Memilih Hijab Anti Gerah

Sebal bukan ketika sudah tampil bergaya dengan hijab kekinian jadi rusak karena diserang gerah. Panas yang menyengat di siang hari membuat keringat mengucur membuat gerah di dalam hijab. Belum lagi jika sedang padat aktivitas membuatmu tidak bisa segera berbenah. Sudah pasti sangat menyebalkan.

Hal tersebut karena kamu salah memilih hijab. Sempurnakan harimu dengan model hijab yang sempurna dan nyaman digunakan sepanjang hari. Pilih hijab dengan beberapa pertimbangan agar tidak salah pilih.

Berikut tips memilih hijab anti gerah di cuaca yang panas:

  1. Pilih sesuai Gaya dan aktivitas

    Agar nyaman sepanjang hari walau beraktivitas di luar rumah, kamu perlu memilih desain hijab yang sesuai gaya dan aktivitas. Setiap orang bisa memiliki kenyamanan berbeda dalam memilih mode hijab yang sesuai karakter. Beberapa orang menyukai gaya simpel dengan hijab segi empat dan ada pula yang suka pashmina atau hijab instan.

    Banyaknya pilihan desain dapat dipilih sesuai dengan karakter penggunanya. Satu lagi disesuaikan dengan aktivitas yang dijalani. Jika kamu akan menghadiri acara formal, pilih model dan gaya yang sesuai. Sedangkan jika untuk aktivitas luar ruang yang panas, lebih baik gunakan hijab bergaya sederhana dan mudah dibuka pakai seperti hijab instan.

  2. Pilih Bahan Hijab yang Menyerap Keringat

    Pertimbangan penting untuk kenyamanan aktivitas sepanjang hari adalah memilih bahan yang menyerap keringat. Bahan yang kurang cocok membuat kamu mengalami keringat berlebih yang pastinya sangat mengganggu. Belum lagi pada beberapa bahan justru menahan panas di dalam yang membuat semakin gerah.

    Bahan seperti katun memiliki kemampuan menyerap keringat yang baik. Kamu tidak perlu khawatir dengan keringat berlebih ketika menjalankan aktivitas di siang haru yang panas. Hijab dengan bahan katun juga cukup mudah ditemukan dengan motif dan warna yang cantik.

  3. Pilih Bahan Hijab yang Ringan

    Selanjutnya pilih bahan hijab dengan tekstur yang ringan. Bahan ringan juga memiliki kecenderungan mudah diatur, lebih tipis dan berpori sehingga memiliki sirkulasi udara yang lancar. Sangat nyaman digunakan untuk beragam aktivitas termasuk traveling tanpa khawatir kepanasan.

    Kamu bisa memilih bahan voal yang sangat ringan bahkan lebih ringan dibanding katun. Kelebihan lain juga mudah diatur sehingga tidak khawatir tampilanmu jadi rusak. Namun, kamu perlu menggunakan inner sebagai dalaman hijab karena bahan ini cenderung menerawang.

  4. Hindari Hijab Warna Gelap

    Pilihan warna juga mempengaruhi udara panas pada hijab. Warna-warna gelap perlu dihindari khususnya ketika cuaca panas. Karena warna gelap seperti hitam memiliki karakter menyerap sinar matahari yang mengundang gerah. Alternatif warna yang tepat digunakan ketika cuaca panas adalah warna-warna pastel dan warna cerah.

    Warna cerah dan pastel dapat menjadi pilihan warna tepat jika digunakan di siang hari yang panas akan memantulkan sinar matahari. Kamu jadi nyaman beraktivitas seharian tanpa khawatir gerah. Khususnya warna pastel yang lembut membuat nyaman dan rasa rileks ketika digunakan. Penampilan juga lebih feminin dan cantik sepanjang hari.

  5. Padukan dengan Inner yang Tepat

    Terlepas dari pilihan hijab, penggunaan inner juga mempengaruhi kenyamanan menggunakan hijab. Pilih inner dengan model dan bahan yang nyaman digunakan untuk mendukung kenyamanan hijabmu. Pertimbangan model ini bergantung dengan kenyamanan pengguna. Ada gemar menggunakan model ciput yang menutupi hingga leher atau model bandana yang hanya menutupi bagian depan kepala.

    Penggunaan di siang hari yang panas, direkomendasikan memilih bahan yang elastis, menyerap keringat, dan berpori. Selain itu pertimbangkan pula tekanan inner pada kepala tidak terlalu menekan juga tidak terlalu longgar. Sebab inner terlalu ketat bisa membuat pusing sedangkan jika terlalu longgar bisa gampang terbuka.

Baca Juga:   Lirik sholawat ya izzana arab latin dan artinya lengkap

Rekomendasi bahan hijab

Melihat tips memilih hijab anti gerah di atas, bahan hijab menjadi kunci utama untuk hijab yang nyaman. Maka sebaiknya kamu mengetahui aneka bahan yang banyak digunakan sebagai bahan hijab. Kenali karakter bahan agar dapat menentukan pilihan yang tepat.

Beberapa bahan yang direkomendasikan ada katun dengan ketebalan yang pas dan tidak menerawang. Selengkapnya berikut bahan hijab yang menyerap keringat, ringan dan nyaman untuk hijab anti gerah:

  • Bahan katun

    Terbuat dari serat alami, katun menjadi bahan paling direkomendasikan untuk bahan hijab yang nyaman dan anti gerah. Tidak menerawang, memiliki sirkulasi yang baik dan menyerap keringat membuatnya adem saat digunakan. Menggunakan hijab bahan katun membuat nyaman digunakan sepanjang hari.

  • Bahan linen

    Bahan linen juga direkomendasikan sebagai bahan hijab yang nyaman dan anti gerah. Terbuat dari serat alami berupa tanaman rami, bahan ini memiliki karakteristik yang sama dengan kerat kapas pada katun. Hijab linen sejuk saat digunakan dan baik menyerap keringat. Kelebihan lain tekstur yang lembut dan tetap terjaga walau telah dicuci berulang kali.

  • Bahan rayon

    Bahan yang memiliki karakteristik mirip dengan sutra membuat rayon nyaman dipakai dan terkesan mewah. Sebagai hijab bahan rayon sangat sejuk dan nyaman dipakai di segala cuaca terik sekalipun. Bahan ini juga memiliki beberapa turunan yang cara produksinya berbeda-beda, di antaranya viskos dan liosel.

  • Bahan wolfis

    Menggunakan hijab untuk jalan-jalan, kamu membutuhkan bahan hijab yang ringan dan tetap sejuk. Bahan wolfis atau woolpeach bisa menjadi pilihan yang tepat. Selain ringan dan sejuk, bahan ini juga tidak mudah kusut, halus namun permukaan bahan tidak licin sehingga nyaman digunakan.

  • Bahan voal

    Bahan hijab yang juga direkomendasikan dan kekinian adalah hijab berbahan voal. Bahan ini lebih ringan sehingga nyaman saat dipakai. Digunakan pada iklim tropis sangat pas karena tidak menyebabkan panas bahkan untuk pemakaian sepanjang hari. Voal sebenarnya masuk ke jenis bahan katun, namun memiliki karakter yang lebih tipis dan ringan.

Baca Juga:   5 Model Hijab Bikin Kamu Makin Cantik: Untuk Yang Memiliki Wajah Bulat

Itu dia tips memilih hijab anti gerah untuk beragam aktivitas kamu. Dengan pilihan hijab yang tepat tampil bergaya dengan hijab sepanjang hari yang panas jadi sangat mungkin.

Reviews

100 %

User Score

2 ratings
Rate This

Sharing