Mengenal Kitab Al-Munqidz Minad Dhalal

SIPJOS.COM | Pembebas dari Kesesatan: Mengenal Kitab Al-Munqidz Minad Dhalal – Kitab Al-Munqidz Min ad-Dlalal (Penyelamat Kesesatan) membedakan diri dari karya-karya lain al-Ghazali, merinci pengalaman sufi pribadinya. Dalam mukadimahnya, ia menyoroti perpecahan umat Islam dan menyatakan bahwa hanya satu dari 73 golongan yang benar.

Memahami Jalur Sufi Menurut Al-Ghazali

Al-Ghazali menekankan bahwa Alquran memberikan ukuran-ukuran kebenaran, mengingatkan manusia pada alat berpikir yang telah diberikan. Kitab ini menguraikan perjalanannya menyelidiki berbagai aliran dan mengungkapkan kesimpulannya.

Pengalaman Panjang Menuju Kebenaran

Dalam perjalanannya selama hampir setengah abad, Al-Ghazali menelusuri Bathiniyyah, Zhahiriyyah, Kalam, Filsafat, dan Tasawuf. Kesimpulannya mengarah pada keyakinan bahwa tasawuf adalah jalan ‘paling benar’ menuju kebahagiaan hakiki.

Keunikan Jalan Tasawuf

Berbeda dengan ahli kalam yang mengandalkan kata dan logika, Al-Ghazali menekankan pengalaman batin (Dzawq) sebagai alat untuk merasakan kehadiran Allah secara langsung. Ini merupakan pemahaman tasawuf yang menekankan nikmatnya dekat dengan Allah melalui pengalaman batin.

Transformasi Al-Ghazali dari Ilmu ke Tasawuf

Dalam perjalanan hidupnya, Al-Ghazali, awalnya seorang ilmuwan, ahli fikih, dan filsuf, menemukan bahwa ilmunya tidak memberikan manfaat batin. Oleh karena itu, ia memutuskan untuk beribadah kepada Allah dan melakukan uzlah, mendapatkan ilmu kasyf setelah menulis Ihya’ Ulum ad-Din.

Kesimpulan

Kitab Al-Munqidz Minad Dhalal menggambarkan perjalanan Al-Ghazali dalam menemukan kebenaran, menyoroti pentingnya pengalaman batin dalam mendekati Allah. Transformasinya dari ilmuwan menjadi sufi memberikan perspektif yang berharga tentang keunikan jalan tasawuf.

Baca Juga:   Sekilas Tentang Kitab Nurud Dholam Kitab Syarah Aqidatul Awam

Reviews

100 %

User Score

6 ratings
Rate This

Sharing