Mengenal Sedulur Papat Limo Pancer dalam Primbon Jawa

Turn Off Light
Auto Next

Reviews

0 %

User Score

0 ratings
Rate This

Descriptions:

Mengenal Sedulur Papat Limo Pancer dalam Primbon Jawa – Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh! Halo, teman-teman di Sipjos.com! Kali ini saya, Fitrika, senang sekali bisa hadir untuk menemani waktu luang Anda. Saya ingin berbagi informasi dan wawasan seputar primbon Jawa, khususnya tentang Sedulur Papat Limo Pancer.

Sebelumnya, izinkan saya memohon maaf kepada para sepuh jika ada kesalahan dalam penjelasan ini. Tujuan saya hanyalah berbagi wawasan dan informasi dari sumber yang saya terima dari Mbah Kakung dan Dulur Nike.

Apa itu Sedulur Papat Limo Pancer? Dalam bahasa Jawa, “Sedulur Papat Limo Pancer” artinya empat saudara yang menjadi lima dengan pusatnya. Sedulur Papat Limo Pancer adalah entitas yang sangat penting dalam kehidupan kita. Mereka menemani kita sejak dalam kandungan hingga akhir hayat.

Sedulur Papat Limo Pancer terdiri dari

1. Kakang Kawah

Maksudnya adalah air ketuban yang keluar saat janin dilahirkan. Dalam istilah Jawa, kakang kawah disebut sebagai kakak atau saudara yang melindungi kita dari bahaya. Tugasnya adalah melindungi dan dianggap sebagai pelindung diri.

2. Adi Ari-Ari

Maksudnya adalah plasenta atau bantalan bayi. Ini adalah saudara yang lebih muda atau adik. Adi ari-ari mengantarkan kita ke tujuan dalam hidup, dan tugasnya adalah sebagai pengantar.

3. Gede-Gede

Ini adalah darah, inti dari hidup, pelindung janin dalam kandungan, dan merupakan nyawa bayi tersebut. Darah juga dianggap sebagai penolong setia manusia untuk menemukan jati dirinya sebagai hamba Gusti Pangeran.

Baca Juga:   Kisah 11 Isteri Nabi Muhammad

4. Puser

Ini adalah tali plasenta atau jalinan ikatan batin antara si ibu dengan janin dalam kandungan. Puser berfungsi sebagai sumber makanan untuk kelangsungan hidup si janin dan sebagai perantara manusia dengan zat-Nya.

Setelah bayi dilahirkan, Sedulur Papat Limo Pancer tetap menemani kita dalam bentuk gaib, di mana keberadaannya ada di sekeliling kita, mengikuti kita di mana pun kita berada. Mereka dianggap sebagai malaikat penjaga manusia yang ada di kanan, kiri, depan, dan belakang diri kita.

Keempat malaikat penjaga manusia tersebut adalah

1. Malaikat Jibril

Tugasnya adalah meneruskan wahyu Tuhan kepada manusia, sifatnya batin dan ilmu.

2. Malaikat Isrofil

Tugasnya adalah memberi tahu kita tentang hal-hal yang akan terjadi dalam hidup kita melalui perasaan atau firasat.

3. Malaikat Mikail

Tugasnya adalah membagi rezeki untuk kita.

4. Malaikat Izroil

Tugasnya adalah mencabut nyawa manusia pada saat wafat.

Bagaimana merawat Sedulur Papat Limo Pancer? Salah satu cara adalah dengan melakukan puasa weton atau puasa Apit weton jika mampu. Puasa ini dimulai pada hari yang sesuai dengan weton kelahiran, misalnya Senin Pon, Selasa Wage, dan seterusnya, selama tiga hari, dengan memulai puasa sekitar pukul 03.00 setelah ashar.

Selain itu, dapat melakukan wiridan nyawiji marang Gusti, yaitu meditasi untuk menyambungkan diri dengan Tuhan. Dan juga, tradisi membuat jenang sengkolo, yaitu bubur merah dan putih, sebagai simbol permohonan keselamatan kepada Gusti Pangeran. Ini bukanlah tindakan musyrik atau bid’ah, melainkan bentuk sedekah dan menghormati budaya leluhur.

Baca Juga:   Hubungan Bung Karno dan Ratu Laut Selatan Nyi Roro Kidul

Namun, tentu saja, setiap orang memiliki keyakinan dan kepercayaan yang berbeda. Jadi, jika merasa tidak cocok atau tidak bisa melakukannya, itu sepenuhnya menjadi keputusan masing-masing individu.

Saya berharap penjelasan ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan bagi Anda semua. Semoga bermanfaat. Terima kasih telah membaca artikel ini di Sipjos.com. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh!