Ciri Ciri Ikan Lele Stress

Ciri Ciri Ikan Lele Stress – Akan kita bahas tuntas pada kesempatan kali ini. Kondisi stress pada ikan lele budidaya satu ini bisa berakibat fatal. Oleh karenanya perlu diperhatikan agar lele ini tidak mengalami stress.

Ketika lele stress maka bisa berujung pada kematian, yang akan menimbulkan kerugian, karena semakin banyak lele mati maka hasil panenpun akan berkurang. Baik mari kita kupas lebih dalam mengenai ciri ciri lele stress tersebut.

Berikut 9 Ciri Ciri Ikan Lele Stress

Posisi Lele Menggantung

Ciri-ciri ikan lele stress adalah posisinya menggantung. Saat dilihat sekilas kondisinya agak mengambang. Jika ini sedang terjadi, maka pastikan Anda segera memeriksanya.

Bila dibiarkan dalam waktu, bisa-bisa ikan itu akan mati karena tidak mampu bertahan lebih lama. Cukup mudah mengetahui apakah lele menggantung atau tidak.

Posisi ini dapat dilihat dari kejauhan. Oleh karena itu, pastikan sering mengecek kondisi ikan kesayangan saat memberinya makan. Jadi, jika ada kondisi genting, Anda bisa segera melakukan pemeriksaan.

Kumis Ikan Mengeriting

Salah satu ciri yang terlihat pada ikan lele stress adalah kuminya mengeriting. Saat memberinya pakan, coba perhatikan kondisinya.

Jika agak mengembang dan setelah dicek tidak seperti biasanya, maka butuh pertolongan. Keritingnya bagian tubuh itu umumnya karena terkena bakteri.

Kumis lele biasanya lurus dan panjang. Anda akan melihat perbedaan yang signifikan ketika ikan tersebut merasa stress.

Perut Kembung

Ikan lele yang stress biasanya perutnya kembung. Saat kondisi ini terjadi, ikan tersebut tidak akan berenang seperti biasanya. Mayoritas penyebab karena bakteri maupun perubahan suhu dalam air.

Agak sedikit sulit untuk melihatnya jika Anda belum memahami bagian tubuhnya dalam kondisi normal. Memerahnya tubuh lele itu umumnya dikarenakan kondisi air kurang cocok dengannya.

Jika dilihat dari kejauhan, tidak akan terlihat. Anda harus memeriksanya terutama bagian perutnya.

Totol-totol Putih

Ketika melihat ada totol-totol putih pada badan lele, berhati-hatilah karena ini menandakan ikan stress. Kemungkinan besar tubuhnya sedang jadi kondisinya sedang tidak normal.

Anda harus memeriksanya secara detail untuk bisa mengetahuinya. Selain itu, nampak agak mengambang jika dilihat dari jauh. Munculnya totol itu menyebabkan ikan stress karena tubuhnya terasa sakit.

Umumnya lele akan menyendiri. Apabila ini terjadi, periksalah di tempat periksa dan segera obati jika menemukan gejala penyakit tertentu. Bila tidak segera diobati, resiko adalah kematian.

Sirip Pendarahan

Ciri-ciri ikan stress ialah siripnya mengalami pendarahan. Ketika sedang sakit, lele umumnya menunjukkan sikap tidak seperti biasanya.

Warna air di sekitarnya akan memerah. Jika itu terjadi, segera ambil binatang tersebut dan segera lakukan pengecekan dan pisahkan dengan yang lainnya.

Jika dibiarkan berada di tempat sama dengan ikan sejenisnya, lele akan menjadi pembawa infeksi. Sirip yang mengalami pendarahan umumnya karena virus herpes.

Tidak Nafsu Makan

Ciri-ciri ikan lele stress ialah kurang nafsu makan. Ketika memberinya pelet khusus, ikan itu tidak datang mendekat dan melewatkannya. Ada berbagai penyebab yang melatarbelakangi kondisi ini. Salah satunya ialah keracunan amoniak.

Sebab makanan sisa dapat membahayakannya jika dibiarkan mengambang. Ketika stress dengan bau sisa makanan di atas air, ikan dapat kelimpungan sehingga malas mengonsumsinya. Oleh karena itu, jangan biarkan pakan tersisa banyak karena sangat membahayakan ikan-ikan tersebut.

Mata Menonjol

Ciri-ciri ikan sedang stress ialah mata menonjol. Tidak mudah melihat karakteristik ini apalagi jika lele berkerumun. Bila Anda memeriksa secara terpisah, maka akan terlihat dengan jelas kondisi organ penglihatannya.

Penyebab utamanya mayoritas karena terinfeksi sehingga merasa kesakitan. Menonjolnya mata ikan menandakan lele stress sehingga membutuhkan pertolongan. Bila menemukannya, segera lakukan pemeriksaan di kolam terpisah. Ini untuk berjaga-jaga agar tidak menulari yang lainnya jika ternyata membawa virus.

Berenang Tidak Menentu

Lele termasuk ikan yang aktif, namun saat stress umumnya akan berenang tidak menentu. Arah geraknya asal-asalan sehingga terkadang menabrak ikan sejenisnya. Jika Anda melihatnya, coba periksa apakah ada kelainan atau penyakit tertentu.

Ciri-ciri ikan lele stress umumnya karena merasakan hal yang tidak enak. Penyebabnya bisa bervariasi, mulai dari sakit hingga perubahan air secara mendadak yang membuatnya panik sehingga berenang dalam pola berantakan.

Demikianlah pembahasan mengenai ciri ciri ikan lele stress kali ini. Harapannya setelah mengetahui cirinya maka anda bisa segera mengenali gejalanya, lalu kemudian segera memberikan solusi yang tepat agar hasil panen melimpah, dan untung besar karena ikan lele jarang yang mati.

Akhir kata, terima kasih telah membaca dan sampai jumpa pada artikel kami berikutnya.

TAG : Mengapa ikan lele mudah stres?, Kenapa ikan lele menggantung?, Apa saja penyakit pada ikan lele?, Kenapa ikan lele perutnya kembung?, cara mengatasi lele stres, umpan ikan lele stres, penyebab stress pada ikan lele, cara mengatasi lele kembung dan menggantung, lele menggantung setelah ganti air, obat alami ikan lele menggantung, ciri ciri ikan lele lapar, ikan lele bergerombol,

Baca Juga:   Lowongan kerja content creator pembaca berita narasi video

Reviews

0 %

User Score

0 ratings
Rate This

Sharing