Mengenal Tentara Hamas Palestina

Mengenal Tentara Hamas Palestina – Hamas, singkatan dari Harakat al-Muqawamah al-Islamiyyah, yang juga dikenal sebagai Gerakan Perlawanan Islam, adalah gerakan Islam militan Palestina. Merupakan salah satu subjek kontroversial dalam konflik Israel-Palestina yang telah ada sejak 1987, gerakan ini memiliki akar yang dalam dalam sejarah dan ideologinya.

Sejarah Pembentukan dan Ideologi

Hamas berasal dari aktivitas kelompok Islamis Muslim Brotherhood yang terlibat dalam berbagai kegiatan sosial di wilayah Palestina yang diduduki oleh Israel. Aktivitas ini berfokus pada pendidikan, kesehatan, dan agama, terutama di Jalur Gaza dan West Bank.

Awalnya, aktivitas mereka dilakukan tanpa kekerasan. Namun, ketika Palestina memberontak melawan pendudukan Israel pada tahun 1987, Hamas didirikan sebagai tanggapan oleh Ikhwanul Muslimin dan faksi agama Palestine Liberation Organization (PLO). Nama “Hamas” dalam bahasa Arab berarti semangat.

Pada tahun 1988, Hamas mendeklarasikan bahwa Palestina adalah tanah air Islam yang tidak dapat diserahkan kepada non-Muslim dan memulai perang untuk merebut kendali Palestina dari Israel. Hal ini menimbulkan konflik dengan PLO yang sebelumnya telah mengakui keberadaan Israel.

Peran dalam Proses Perdamaian

Hamas selalu menolak kesepakatan yang melibatkan pengorbanan wilayah Palestina. Mereka mengecam perjanjian perdamaian antara Israel dan PLO pada tahun 1993.

Namun, dalam beberapa tahun terakhir, terutama setelah pemilu legislatif Palestina pada tahun 2006, Hamas menunjukkan kecenderungan untuk mendukung solusi dua negara berdasarkan perbatasan sebelum tahun 1967.

Baca Juga:   Cara mengatur kadar ph air dengan mudah

Dukungan dan Konflik dengan Israel

Hamas mendapatkan dukungan dari beberapa negara, termasuk Suriah, Qatar, Turki, dan Iran. Konflik dengan Israel seringkali memuncak dalam serangan dan bentrokan, seperti yang terjadi pada tahun 2012, 2014, 2021, dan Oktober 2023, yang menimbulkan korban jiwa dan kerusakan yang signifikan.

Pengetahuan lebih lanjut tentang sejarah, ideologi, dan konflik antara Hamas dan Israel dapat ditemukan di sipjos.com. Jangan lewatkan berita dan informasi terbaru dengan mengikuti situs web tersebut, yang menyajikan konten yang mendalam, termasuk video yang informatif.

Reviews

100 %

User Score

2 ratings
Rate This

Sharing