Takutlah Hanya Kepada Allah

Setiap kita pasti pernah merasakan perasaan takut, perasaan takut ketika akan melakukan sesuatu hal, takut akan kegagalan, takut kehilangan apa yang kita cintai di dunia, takut akan sengsara,takut pada apa yang bahkan belum terjadi,hingga takut kepada Tuhan pemilik alam semesta ini.

Namun takut kepada Allah Subhanahu Wa’taala adalah sesuatu yang sangat baik untuk kita sebagai hamba-Nya, mengapa? Karena ketika kita merasa takut kepada Allah Subhanahu Wa’taala maka kita sebagai makhluk akan senantiasa untuk mendekatkan diri kepada-Nya, akan lebih meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada-Nya, akan senantiasa merasakan diawasi dan dipantau gerak gerik kita kemanapun dan apapun yang kita lakukan.

Tiap-tiap kita pasti takut dengan segala sesuatu dengan kekuatan yang dahsyat misalnya takut akan bencana alam yang mendadak datang. Karena kita tidak pernah tahu, bagaimana jika ketika kita sedang tidur atau sedang melaksanakan aktifitas, tiba-tiba bencana alam datang dan menimpa pada diri ataupun keluarga kita.

Dan ketika kita merasa takut, kita sebagai umat muslim harus memaknai rasa tersebut dengan lebih positif. Seperti apakah rasa takut yang dimaknai dengan positif? Yaitu rasa takut yang menyebabkan kita sebagai umat muslim senantiasa melaksanakan kewajiban dari Allah Subhanahu Wa’taala dan meninggalkan apapun larangan-Nya. Ketika rasa takut itu meningkat, maka kita akan terus meningkatkan dan terus meningkatkan keimanan kita, melaksanakan kewajiban dan melengkapinya dengan amalan-amalan sunnah, dan tentu dengan kesadaran diri menjauhi hal-hal yang berbau syuhbat.

Baca Juga:   Ajian Penunduk Meluluhkan Hati Mertua

Sebagai seorang hamba, rasa takut akan siksaan yang datang dari sang pencipta adalah sesuatu yang lumrah, ketakutan atas apa yang ditimpakan kepada kita sebagai hamba-Nya karena dosa-dosa yang pernah diperbuat.

Oleh karena itu perasaan takut kepada Allah Subhanahu Wa’taala itu hukumnya wajib. Karena takut kepada Allah dapat mengantarkan kita sebagai hamba untuk selalu beribadah kepada-Nya dengan penuh ketundukan dan kekhusyukan. Sebagaimana Allah Subhanahu Wa’taala telah menyampaikan firman-Nya

“Sesungguhnya mereka hanyalah setan yang menakut-nakuti (kamu) dengan teman-teman setianya, karena itu janganlah kamu takut kepada mereka, tetapi takutlah kepada-Ku, jika kamu orang-orang beriman”.

Ketika kita takut kepada Allah Subhanahu Wa’taala maka InsyaAllah kita sebagai hamba-Nya akan semakin dekat kepada-Nya sehingga kita sebagai seorang hamba tidak akan takut ketika suatu hari kita kehilangan apapun yang kita cintai di dunia, seperti jabatan, atau masa depan.

Pada saat kita makin mendekat pada Allah maka ketakutan kita akan yang lain itu sudah tak ada lagi. Yang ada hanya tinggal kepasrahan dan keyakinan atas segala kebesaran dan keagungan Allah Subhanahu Wa’taala.

Wallahu’alam bishawab.

Reviews

100 %

User Score

1 ratings
Rate This

Sharing

Leave your comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *