Asal usul banaspati yang sebenarnya

Asal Usul Banaspati Yang Sebenarnya Banaspati, Sosok Mengerikan seperti Bola Api
Asal usul Banaspati belum diketahui oleh banyak orang. Hantu Banaspati termasuk cerita rakyat di Pulau Jawa dan Kalimantan. Banaspati diwujudkan dalam bentuk hiasan patung yang terpasang di ambang pintu candi.

Bisa ditemui di berbagai candi Jawa Indonesia Hindu, seperti candi Mendut, Borobudur, Prambanan, dan Singosari.
Bentuk dari Banaspati merupakan raksasa berwajah seram, beberapa sumber menyebutkan bentuknya seperti bola api yang melayang atau manusia yang terbakar.

Apa Itu Banaspati?

Makhluk mistis yang identik dengan api dan berasal dari daerah di Pulau Jawa. Kebanyakan masyarakat meyakini bahwa banaspati merupakan jin yang menampakkan diri untuk mengganggu manusia.

Konon, para dukun menggunakan Banaspati untuk melakukan santet. Banaspati memiliki banyak nama berbeda di setiap daerah.

Ada yang menyebutnya sebagai Kala, Boma, Barong, Gupala, Butakala, Kedok/Topeng, Batara Kala dan lain sebagainya. Melansir dari jurnal Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta, Banaspati merupakan raksasa Kirtimukha, tercipta dari api kemarahan Siwa yang keluar dari kedua alisnya.

Kirtimukha yang sangat kuat dinamakan Mahakala, yakni binatang sangat menakutkan digambarkan dengan muka sangat menyeramkan, mata melotot dan mulut menyeringai yang memperlihatkan taring tajam.

Makhluk ini ditugaskan untuk menjaga istana atau candi. Sementara itu, mengutip dari situs Kemdikbud, Banaspati atau Kala merupakan binatang Singa yang memiliki lambang kekuatan, keadilan dan penghancur kekuatan jahat.

Baca Juga:   Santet Gondo Mayit Santet Kirim Penyakit Susah Disembuhkan

Pada prinsipnya, bangunan candi melambangkan gunung yang penuh hutan lebat. Kemudian, Banaspati ditugaskan sebagai penjaga hutan. Patung Banaspati sering ditemui di ambang pintu candi.

Asal Usul Banaspati

Teologi dan Simbol-Simbol dalam Agama Hindu karya I Made Titib seperti dikutip dalam jurnal Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta karya Sumadi menjelaskan, asal usul Banaspati.

Kirtimukha di Jawa Timur disebut Banaspati. Menurut mitologi kuno India, Kirtimukha tercipta dari kemarahan dewa Siwa. Makhluk mengerikan ini selalu tidak puas dan merasa lapar.

Kemudian, dia ditugaskan untuk menghabisi raksasa Rahu, utusan raja raksasa bernama Jalandhara. Raksasa Rahu merupakan makhluk yang kepalanya dipenggal oleh dewa Wisnu.

Dia mencuri dan meminum amrta berwujud dewa. Meski telah dipenggal, kepalanya tidak bisa mati karena mulutnya telah meminum amrta. Raksasa Rahu diberi perintah oleh Jalandhara untuk menyerang kekuasaan dewa tertinggi, yaitu Dewa Siwa.

Sebab serangan Raksasa Rahu, Dewa Siwa sangat marah dan mengeluarkan raksasa sakti bernama Kirtimukha atau Banaspati.

Banaspati dalam kisah ini divisualisasikan bertubuh sangat besar, rambut terurai memenuhi dunia, mata melotot serta mengeluarkan api.

Datangnya raksasa ini sukses membuat raksasa Rahu memohon ampun kepada dewa Siwa. Kemudian, raksasa yang baru saja dewa Siwa ciptakan malah terus merasa lapar hingga kurban yang disajikan pun tidak cukup.

Akhirnya dewa Siwa memerintahkan raksasa ini untuk memakan dirinya sendiri, mulai dari kaki, tangan, perut, dada, sampai lehernya sendiri hingga tersisa wajahnya saja.

Jenis Banaspati

Berdasarkan cerita-cerita orang yang mengaku pernah melihat, ada tigas jenis hantu Banaspati, yakni:

1. Banaspati Geni

Menjadikan udara sebagai sumber kekuatan utama. Bila ada yang bertemu dengannya dan merasa takut, dia akan mengambil energi udara di sekitar seseorang tersebut dan mengubahnya menjadi api yang berkobar-kobar.

2. Banaspati Tanah Liat

Hidup di hutan senang mengisap darah korbannya sampai habis. Korban yang diincar, yakni seseorang yang melayang ke tanah atau memakai alas kaki. Bila bertemu jenis banaspati ini diharuskan melepaskan alas kaki dan menapakkan kaki ke tanah.

3. Banaspati Air

Dikenal juga dengan sebutan Banaspati Banyu mencari korbannya yang berada di air dengan cara seolah-olah ditenggelamkan. Padahal, korban dihabisi dulu darahnya sebelum kemudian ditenggelamkan oleh Banaspati Air.

Itulah dia asal usul Banaspati, makhluk mengerikan dari tanah Jawa. Meski mengerikan dan kebanyakan dianggap sebagai mitos belaka, Banaspati tetap menjadi bagian dari bentuk budaya bangsa Indonesia.


source : pakpandir.com | CutMedia

Reviews

0 %

User Score

0 ratings
Rate This

Sharing