Asal-usul ikan lele

Asal-usul ikan lele – Di Indonesia ikan lele memiliki beragam sebutan. di pulau jawa masyarakat menyebut ikan lele dengan nama lele. Di Sulawesi, masyarakat menamakan ikan lele dengan nama keli. Di Kalimantan ikan lele dengan sebutan ikan pinet.

Di Sumatera masyarakat mengenal ikan lele dengan nama ikan kalang. sedangkan nama internasional ikan lele yaitu catfish.

Catfish merupakan sebutan dari ikan ikan yang mempunyai kumis yang panjang serupa kumis yang dimiliki kucing.

Di dunia masing masing negara memiliki sebutan yang berbeda bagi ikan lele. Di Negara Malaysia, ikan lele terkenal dengan sebutan keli.

Di negara Thailan ikan lele di kenal dengan nama planmod. Di Afrika , sebutan lele adalaha mali. Di Negara Srilangka, ikan lele disebut gura magura.

Mudfish walking catfish, atau siluroid juga sebutan bagi ikan lele dalam bahasa inggris. Jenis ikan lele yang tersebar di dunia memang sagatlah banyak.

beberapa jenis masih bisa ditemukan, namun sebagian sudut masih sulit di jumpai. Di daerah Afrika beberapa jenis yang dapat ditemukan antara Clarias sp, Clarias lazera, Clarias dumerili, Clarias mosambicus, Clarias anguillaris, Clarias senegalensis, dan Clarias gariepenus.

Di Asia sendiri, penyebaran ikan lele meliputi daerah di Thailand, Filipina, Indonesia, dan Cina. Di Amerika, jenis ikan lele yang banyak dipasarkan merupakan ikan lele dan famili lctaluridae.

Baca Juga:   Cara mengatur kadar ph air dengan mudah

Di Indonesia, ikan lele yang dikonsumsi paling banyak berasal dan famili Clariidae pada ordo yang sama. Beberapa negara di Asia, yaitu Vietnam, Thailand, Filipina, Laos, Malaysia, Indonesia, Kamboja, Birma, dan India telah berhasil membudidayakan ikan lele.

Di negara yang disebutkan tadi ikan lele di budidaya dengan cara memeliharanya di dalam kolam atau media pemeliharaan lain. Terdapat kurang lebih 55—60 spesies anggota marga Clarias.

Dan jumlah tersebut, di Asia Tenggara kini diketahui sekitar 20 spesies ikan lele. Penyebaran lele dumbo masuk ke Indonesia pertama kali pada tahun 1986.

Lele dumbo berhasil diimpor dan Negara Taiwan. Kemudian sejak saat itulah, lele dumbo mulai dikenal oleh masyarakat Indonesia.

Demikian tadi postingan dengan judul Asal-usul ikan lele. Smoga bermanfaat…

Reviews

0 %

User Score

0 ratings
Rate This

Sharing