Cara FYP Di TikTok, Rahasia Video Tiktok Cepat Viral

Cara FYP Di TikTok, Rahasia Video Tiktok Cepat Viral – Bagi para content creator, impian mereka adalah agar video yang mereka buat bisa masuk ke halaman FYP (For You Page) di TikTok. Mengapa? Karena dengan masuk ke halaman FYP, peluang video tersebut untuk menjadi viral akan semakin tinggi, dan jumlah pengikut pun bisa bertambah. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui cara agar video kita bisa masuk FYP di TikTok dengan cepat.

Namun, tidaklah mudah untuk tampil di halaman FYP TikTok. Kita harus membuat konten yang menarik dan menguploadnya dengan trik-trik tertentu. Jika Anda ingin tahu caranya, mari kita ikuti langkah-langkahnya berikut ini!

Apa Itu FYP TikTok?

Bagi yang belum tahu, FYP TikTok merupakan singkatan dari ‘For You Page’, yaitu halaman yang menampilkan deretan video rekomendasi yang muncul pertama kali saat kita membuka aplikasi TikTok. Video-video yang muncul di halaman FYP adalah video rekomendasi, dan biasanya video-video yang muncul di halaman FYP memiliki potensi untuk menjadi viral.

Perlu diingat, halaman FYP berbeda dengan halaman Following. Pada halaman Following, kita akan melihat video-video dari akun-akun yang kita ikuti.

Sedangkan pada halaman FYP, video-video yang muncul didasarkan pada tingkat popularitas dan algoritma TikTok. Sehingga, video-video yang muncul di halaman FYP bisa beragam, tergantung pada preferensi konten akun pengguna.

Cara Kerja Algoritma FYP TikTok

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, video-video yang muncul di halaman FYP dipengaruhi oleh algoritma TikTok. Algoritma ini menggunakan sistem open social network.

Dalam sistem ini, kita akan mendapatkan rekomendasi video-video unggahan dari pengguna lain, selama akun tersebut tidak diatur sebagai akun private.

Cara kerja algoritma TikTok telah kita bahas sebelumnya. Silahkan baca kembali artikel kami yang berjudul “Cara Kerja Algoritma TikTok” untuk informasi lebih lanjut.

Baca Juga:   Aplikasi penghasil uang sambil tidur dibayar

Bagaimana Cara Masuk ke Halaman FYP di TikTok?

Setelah kita memahami bagaimana cara kerja algoritma FYP TikTok, sekarang kita akan mencari tahu bersama-sama bagaimana cara agar video kita bisa masuk ke halaman FYP di TikTok.

1. Upload Video pada Jam Ramai (Prime Time)

Cara pertama agar video kita bisa masuk ke halaman FYP di TikTok adalah dengan mengunggah video pada jam-jam ramai (prime time). Carilah tahu kapan biasanya banyak orang mengakses TikTok. Menurut Influencer Marketing Hub, waktu-waktu terbaik untuk mengunggah video agar masuk FYP adalah pada jam siang dan sore hari.
Berikut adalah jadwal upload TikTok agar masuk FYP:

  • Senin: 14.00 WIB, 18.00 WIB, 21.00 WIB
  • Selasa: 10.00 WIB, 16.00 WIB, 21.00 WIB
  • Rabu: 11.00 WIB, 19.00 WIB, 20.00 WIB
  • Kamis: 06.00 WIB, 21.00 WIB, 23.00 WIB
  • Jumat: 16.00 WIB, 24.00 WIB, 02.00 WIB
  • Sabtu: 06.00 WIB, 07.00 WIB, 22.00 WIB
  • Minggu: 03.00 WIB, 18.00 WIB, 19.00 WIB
  • 2. Buat Caption yang Memancing Interaksi

    Caption video harus dibuat dengan cerdas dan relevan dengan konten yang kita unggah. Selain itu, caption tersebut juga harus memancing interaksi atau komentar dari pengguna lain. Sebagai tips, kita bisa membuat caption yang berisi pertanyaan. Ini dapat menjadi cara agar video kita masuk FYP dengan cepat.

    3. Ikuti Tren dan Challenge

    TikTok terkenal dengan tren dan challenge yang menarik yang dibuat oleh pengguna. Ketika ada sebuah tren atau challenge yang sedang viral, kita bisa mencobanya dan mengunggahnya. Dengan mengikuti tren dan challenge tersebut, kita dapat meningkatkan jumlah penonton dan pengikut, dan ini termasuk cara agar video kita masuk FYP di TikTok dengan cepat.

    Baca Juga:   Lirik Sholawat Assalamu’alaik Zainal Anbiya Lengkap

    4. Gunakan Audio yang Sedang Viral

    Selain mengikuti tren, cara lain agar video kita masuk ke halaman FYP di TikTok adalah dengan menggunakan audio yang sedang viral. Sebelum mengunggah video, kita perlu mempelajari musik atau audio apa yang sedang populer saat itu, dan pastikan audio tersebut cocok dengan konten yang kita buat.

    5. Gunakan Hashtag yang Tepat

    Untuk mengoptimalkan konten TikTok agar masuk ke halaman FYP, kita perlu menggunakan hashtag yang banyak digunakan. Jangan hanya menggunakan satu hashtag, cobalah menggunakan 3-5 hashtag. Penggunaan hashtag akan membantu pengguna saat mencari konten yang sesuai dengan minat mereka.
    Beberapa hashtag yang bisa digunakan antara lain: #foryou #FYP #foryoupage. Penggunaan hashtag ini diyakini dapat meningkatkan jumlah penonton video TikTok. Selain itu, kita juga bisa memanfaatkan hashtag dari tren atau challenge yang sedang viral di TikTok.

    6. Kolaborasi dengan Akun Lainnya

    Cara lain agar video kita masuk FYP di TikTok adalah dengan melakukan kolaborasi dengan akun lain. Kita bisa melakukan duet dengan akun lain atau membuat video kolaborasi yang menarik. Dengan berkolaborasi, kita dapat meningkatkan exposure video kita, sehingga peluang masuk FYP juga semakin besar. Beberapa ide kolaborasi yang menarik antara lain duet menyanyi atau menari dengan akun lain.

    7. Jangan Terlalu Fokus pada Kuantitas Video

    Cara agar video kita masuk FYP di TikTok bukanlah dengan mengunggah banyak video yang sebenarnya kurang berkualitas. Mengira bahwa semakin banyak video yang diunggah, semakin besar peluang masuk FYP, itu kurang tepat. Lebih baik membuat video yang benar-benar berkualitas daripada hanya melakukan spamming dengan video yang kurang menarik.

    8. Buat Konten yang Berkualitas

    Masih terkait dengan poin sebelumnya, kita harus membuat konten yang berkualitas sebagai cara agar video kita masuk ke halaman FYP di TikTok. Hindari mengunggah video dengan kualitas gambar yang rendah dan buram. Sebaiknya tingkatkan keterampilan editing video agar video kita semakin menarik untuk ditonton.

    Baca Juga:   Desa Terapung di Atas Danau Berumur Ratusan Tahun Yang Dihuni Ribuan Orang

    9. Buat Video dengan Durasi Pendek

    Meskipun sekarang kita dapat mengunggah video dengan durasi panjang di TikTok, umumnya pengguna lebih suka menonton video dengan durasi pendek, yaitu kurang dari 1 menit. Untuk membuat orang mau menonton video kita hingga selesai, tambahkan unsur menarik di bagian awal video.

    10. Berinteraksi dengan Pengikut

    Salah satu cara sederhana agar video kita masuk ke halaman FYP di TikTok adalah dengan berinteraksi dengan pengikut kita. Memberikan like, membalas komentar, dan berinteraksi dengan pengikut akan meningkatkan tingkat keterlibatan (engagement) kita. Semakin banyak interaksi, semakin besar peluang video kita untuk masuk FYP.

    11. Mengikuti Akun dengan Verifikasi Centang Biru

    Tahukah kamu bahwa mengikuti akun dengan verifikasi centang biru juga dapat membantu video kita masuk ke halaman FYP di TikTok dengan mudah? Namun, penting untuk diingat bahwa kita harus sudah memiliki konten yang kreatif dan berkualitas sebelumnya. Mengapa? Karena dengan mengikuti akun-akun yang terverifikasi, pengikut dari akun-akun tersebut kemungkinan akan melihat video kita, sehingga akun TikTok kita memiliki peluang untuk menjadi populer dan masuk ke halaman FYP.

    Demikianlah beberapa cara agar video kita bisa masuk ke halaman FYP di TikTok. Namun, perlu diingat bahwa tips dan cara ini tidak menjamin keberhasilan karena algoritma TikTok dapat berubah dan terdapat faktor lain yang juga berpengaruh. Yang terpenting adalah tetap konsisten membuat konten yang menarik, relevan, dan berkualitas serta berinteraksi dengan pengikut kita. Selamat mencoba!

    Reviews

    0 %

    User Score

    0 ratings
    Rate This

    Sharing