Cara Menyetel Klep Mobil

Kali ini saya akan membahas tentang Cara Menyetel Klep Mobil secara singkat dan sederhana. Berikut uraiannya.Klep atau katup atau valve adalah komponen mesin yang berkaitan erat dengan sistem pengapian mobil yang berfungsi mengatur masuknya bahan bakar dan udara dan juga gas sisa pembakaran di dalam ruang bakar.

Dengan fungsi tersebut, maka klep akan menjadi sumber masalah ketika mengalami kebocoran. Dengan adanya kebocoran klep maka kompresi akan menjadi lebah dan api busi sebesar apa pun akan sulit untuk menyalakan bahan bakar dan udara di dalam ruang pembakaran. Kebocoran pada klep bisa dari kerusakan pada klep itu sendiri, tetapi yang paling sering mungkin juga akibat penyetelan klep yang kurang tepat.

Menyetel Klep Mobil berarti menyetel celah klep supaya salah satunya kompresi dapat bekerja maksimal. Penyetelan klep yang tepat akan meningkatkan kinerja dan daya kuda sebuah mesin menjadi optimal.

Peralatan untuk melakukan penyetelan klep mobil

Dalam penyetelan klep mobil diperlukan beberapa peralatan utama dan peralatan bantu. Berikut adalah alat-alat yang dibutuhkan untuk penyetelan klep mobil.

  1. Obeng (+) dan (-) standar – lihat; jenis-jenis obeng untuk bengkel mobil.
  2. Kunci ring 17 atau 19 atau kunci socket dan handlenya (bergantung jenis mesin) – lihat; Jenis-jenis kunci untuk bengkel mobil.
  3. Kunci busi.
  4. Kunci ring 12
  5. Majun (kain untuk lap)

Langkah menyetel klep mesin mobil

Ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan sebelum langkah menyetel klep mesin mobil dilakukan. Mesin mobil berbeda-beda baik itu sistem maupun jumlah silinder. Berkenaan dengan jumlah silinder, untuk mesin dengan 4 silinder langkah menyetel klep mesin yang dilakukan hampir mirip.

Baca Juga:   10 juta per bulan dari microsoft word

Untuk kali ini saya akan mencotohkan untuk penyetelan mesin Kijang 5K dengan FO 1-3-4-2. Untuk mesin dengan silinder lebih banyak silahkan baca aturan pengapian atau FO mobil. Tujuannya selain untuk mengenalkan pada pembaca, terlebih ini banyak dipelajari oleh adik-adik di SMK Otomotif.

Persiapan Menyetel Klep Mesin Mobil

Sebelum dimulai ada persiapan yang harus Anda lakukan sebagai berikut.

  1. Peralatan sudah Anda siapkan di dekat mobil.
  2. Hidupkan mesin hingga mesin warming-up cukup.
  3. Buka kap mesin dan cover kepala silinder.
  4. 9 Langkah menyetel klep mesin

Langkah Menyetel Klep Mesin Mobil

Pertama – Setelah langkah persiapan selesai, putar poros engkol dengan menggunakan kunci ring 17 atau gunakan kunci sock dan handle jika berat. Putar poros tepat pada skala 0 pada tutup rantai timing. Lihat gambar berikut.

Langkah Menyetel Klep Mesin Mobil

Kedua – Tentukan top kompresi silinder 1 atau silinder 4. Caranya dapat dilakukan sebagai berikut.

  • Pada saat Anda memutar poros engkol, perhatikan katup masuk silinder mana yang sedang bergerak. Lihatlah katup masuk pada silinder 1 atau silinder 4.
  • Jika yang bergerak adalah klep masuk silinder 4 misalnya, pada saat Anda menggerak-gerakkan poros engkol, berarti ketika tanda pada puley tepat pada angka 0 yang sedang mengalami top kompresi berarti adalah silinder no 1. Tetapi jika klep silinder no 1 yang bergerak maka pada saat itu top kempresi pada silinder no 4.
  • Catatan: As klep pada silinder yang mengalami TMA, posisi rocker arm kondisi bebas tidak menekan batang klep. Anda juga dapat melihat arah rotor pada distributor pengapian. Ciri dari top silinder no 1 adalah rotor akann mengarah pada busi no 2 atau kabel busi no 1 pada tutup distributor saat dipasang.

    Baca Juga:   Vulkanisir Ban Harga Matras Alat Cetak Ban Kanisir Lengkap

    Ketiga – Tentukan klep mana yang dapat disetel pada top silinder no 1 atau no 4. Caranya sangat mudah yakni perhatikan saja klep yang bebas bergerak (naik-turun). Untuk top kompresi silinder no 1 yang dapat disetel adalah klep masuk dan buang silinder no 1, klep masuk silinder no 2 dan klep buang silinder no 3, seperti gambar di bawah.

    Menyetel Klep Mesin Mobil

    Untuk top kompresi silinder no 4 yang dapat disetel adalah klep masuk dan buang silinder no 4, klep buang silinder no 2 dan klep masuk silinder no 3, seperti gambar di bawah.

    Menyetel Klep Mesin Mobil

    Secara keseluruhan penyetelan klep dapat digambarkan sebagai berikut.

    Cara Menyetel Klep Mobil

    Keempat – Setelah menentukan klep mana saja yang dapat disetel, selanjutnya penyetelan klep dapat dimulai dengan cara berikut ini.

    1. Kendorkan mur klep dengan kunci ring 12 mm.
    2. Biarkan kunci ring tetap pada mur tersebut dan gunakan obeng + atau – pada pengatur celah klep. Sementara itu gunakan tangan kanan Anda untuk memasukkan bilah feeler gauge pada celah katup.
    3. Top kompresi silinder no 1 berarti klep yang dapat disetel adalah 1-2-3-5.
    4. Ukuran celah katup, untuk celah klep masuk 0,20 mm dan klep buang 0,30 mm.
    5. Jika sudah dirasa tepat ukuran yang sesuai, kencangkan mur dengan menahan baut penyetel dengan obeng.
    6. Periksa kembali celah katup dan jika belum tepat ulangi penyetelan kembali pada klep tersebut.
    Baca Juga:   Sholawat Penyembuh Segala Penyakit

    Setelah penyetetelan untuk top kompresi silinder 1, lakukan penge-top-an kembali untuk silinder no 4.

    Kelima – Putar poros engkol 1 putaran penuh sehingga diperoleh tanda 0 pada tutup rantai timing.

    Keenam – Lakukan penyetelan untuk klep-klep pada top silinder no 4 sebagai berikut.

    1. Kendorkan mur klep dengan kunci ring 12 mm.
    2. Biarkan kunci ring tetap pada mur tersebut dan gunakan obeng + atau – pada pengatur celah klep. Sementara itu gunakan tangan kanan Anda untuk memasukkan bilah feeler gauge pada celah katup.
    3. Top kompresi silinder no 4 berarti klep yang dapat disetel adalah 8-7-6-4.
    4. Ukuran celah katup, untuk celah klep masuk 0,20 mm dan klep buang 0,30 mm.
    5. Jika sudah dirasa tepat ukuran yang sesuai, kencangkan mur dengan menahan baut penyetel dengan obeng.
    6. Periksa kembali celah katup dan jika belum tepat ulangi penyetelan kembali pada klep tersebut.

    Ketujuh – Periksa kembali semua celah klep. Jika sudah yakin, pasang kembali tutup kepala silinder dan komponen lainnya yang Anda lepas.

    Kedelapan – Hidupkan mesin. Jika mesin terasa halus berarti penyetelan klep berhasil.

    Kesembilan – Silahkan rapikan semua yang ada di ruang mesin, alat-alat yang dipakai dan tempat kerja.

    NB: Postingan ini di import dari blog otomologi yang di terbitkan kembali untuk sipjos.com dan di sesuaikan struktur kode penulisanya oleh : pakpandir.com | sipjos.com | CutMedia

    Reviews

    0 %

    User Score

    0 ratings
    Rate This

    Sharing