Cara membuat aquaponik

Cara membuat aquaponik – Pertanian moderen Aquaponik adalah adalah gabungan dari aquakultur dan hidroponik, yaitu menggabungkan dua jenis budidaya berbeda, ikan dan tanaman secara bersamaan. Adapun Jenis-jenis tanaman yang bisa dibudidayakan dengan metode aquaponik ini antara lain selada, kangkung dan cabai.

Bahan yang digunakan untuk membuat aquaponik

  1. Kolam atau tangki untuk diisi ikan
  2. Pompa air atau pompa aquarium
  3. Pipa plastik atau paralon Botol bekas
  4. Sekam, sabut kelapa, atau lumut gambut
  5. Spon atau gabus filter aquarium
  6. Ikan dan tumbuhan biasanya menggunakan lele dan kangkung.

Alat yang diperlukan dalam membuat aquaponik

  1. Bor
  2. Gunting
  3. Solder listrik
  4. Gergaji
  5. Mata bor hidroponik

Cara membuat media tanam aquaponik

  1. Siapkan kolam atau tangki yang sudah diisi ikan.
  2. Lubangi atas pipa paralon disesuaikan dengan ukuran wadah tanaman menggunakan bor. Pada ujung pipa paralon dibuat lubang sebagai tempat mengalirkan air ke kolam ikan.
  3. Benih disemai pada wadah semai menggunakan gabus filter aquarium atau spon. Jika bibit telah cukup umur biasanya ditandai dengan telah tumbuh dua daun, pindahkan bibit ke media tanam.
  4. Siapkan pot tanaman khusus untuk hidroponik namun bisa juga menggunakan pot dari botol plastik bekas yang diberi sumbu kompor atau kain resapan di bagian bawah sebagai alat resapan air.
  5. Isi dengan media tanam, bisa menggunakan sekam atau sabut kelapa.
  6. Jika benih tanaman sudah tumbuh maka bisa dipindahkan pot botol plastik bekas berisi media tanam dan pindahkan ke paralon. Lalu, pasang pompa aquarium.
  7. Selang dari pompa aquarium tersebut dimasukkan ke dalam paralon sehingga air dari kolam mengalir ke dalam paralon dan kembali ke kolam ikan lagi.
  8. Jika tanaman tumbuh baik maka biasanya dapat dipanen setelah satu bulan.
  Pentingnya Sortir Bibit Ikan Lele Agar Produksi Optimal

Demikian tadi postingan tentang “Cara membuat aquaponik” dengan diskripsi “Mengenal aquaponik dan cara membuatnya lengkap dengan video silakan simak di sipjos com”. Semoga bermanfaat.

EDITOR : pakpandir.com | sipjos.com | CutMedia

Sharing