Cara membuat pelet apung pakan ikan

Berikut ini Cara membuat pelet apung pakan ikan, Silahkan simak cara membuat pelet ikan yang mengapung sendiri di sipjos com | Pelet apung adalah makanan ikan yang menjadi makanan ikan yang paling banyak dipilih oleh para petani peternak ikan. Pakan pelet sangat praktis ketimbang jenis pakan ikan yang lain. Selain itu, pelet ikan ini juga mengandung nutrisi yang lengkap sehingga dapat mencukupi kebutuhan gizi yang diperlukan oleh ikan.

Cara membuat pelet apung pakan ikan

– Berikut ini langkah-langkah dalam pembuatan pelet apung. Yang pertama,Siapkan bahan-bahan baku yang akan digunakan untuk membikin pelet apung. Di antaranya yaitu daging giling basah sebanyak 1 kg dan dedak sebanyak 2 kg. Kalau Anda menggunakan tepung ikan, tambahkan air secukupnya untuk membuat tepung tersebut menjadi basah.

– Jangan lupa untuk menyiapkan pula probiotik sebagai bahan pemicu proses fermentasi. Proses ini bertujuan untuk menghasilkan panas di dalam pelet sehingga kandungan airnya berkurang.

– Campurkan daging giling basah dan dedak secara merata. Jika perlu, uleni sampai terbentuk adonan yang kalis. Barulah kemudian tambahkan probiotik secukupnya. Setelah itu, adonan tersebut dicetak menggunakan mesin khusus sehingga menghasilkan bentuk berupa butiran-butiran kecil. – Butiran-butiran pelet yang masih mentah lalu dimasukkan ke dalam ember plastik yang berwarna hitam. Ember tersebut diberikan penutup yang rapat, tetapi ada beberapa lubang-lubang kecil sebagai saluran udaranya. Simpanlah pelet ini di ember selama 48 jam.

Baca Juga:   Lowongan kerja content creator pembaca berita narasi video

– Setelah dua hari berlalu, pelet dikeluarkan dari dalam ember. Pelet yang kondisinya masih hangat ini harus segera dimasukkan ke dalam lemari es agar terjadi perubahan suhu secara drastis. Hal ini berguna untuk menurunkan massa jenis yang dimiliki oleh pelet tersebut. Pelet dibiarkan tetap berada di dalam kulkas selama 24 jam.

– Keesokan harinya, pelet yang Anda bikin sudah bisa digunakan. Namun ada baiknya Anda mencoba kualitas pelet tersebut terlebih dahulu. Ambil segenggam pelet, lalu sebarkan ke kolam ikan. Apabila pelet dapat terapung minimal selama 1 menit artinya Anda sudah berhasil membikin pelet apung sendiri. Pelet buatan Anda telah siap digunakan secara massal.

Syarat Mutlak Bahan Pakan Ikan Terapung

Dengan cara pembuatan yang biasa, setiap orang pasti akan punya pelet murah bikinan sendiri. Sayangnya, pelet dasar ini biasanya susah mengapung. Hal ini tidak lepas dari bentuk bahan yang dipilih. Untuk pelet apung, setidaknya semua bahan sudah berbentuk bubuk atau tepung.

Jika sebelumnya anda menggunakan ikan sisa biasa yang dihaluskan, anda perlu membuatnya menjadi tepung ikan. Untuk cara membuat tepung ikan ini sebenarnya mudah. Ikan bisa dijemur atau dioven terlebih dahulu. Setelah kering, ikan lalu dihaluskan dengan bantuan mesin penepung.

Tahap Pembuatan pelet apung pakan ikan

Langkah dalam membuat pakan ikan apung dimulai dengan memasukkan bahan yang bersifat perekat terlebih dahulu. Yang bisa dimasukkan pertama kali misalnya tepung tapioka dengan pemakaian sekitar 10% sampai 20% dari total campuran pakan total.

Baca Juga:   Cara budidaya bekicot, cara termudah ternak bekicot

Bisa ditambahkan air secukupnya agar bisa mengikat adonan lainnya. Sebagai alternatif bisa juga dipakai tepung gaplek, dan tepung onggok. Lalu masukkan bahan sumber protein utama seperti tepung ikan minimal 20% dari total campuran pakan total.

Tepung ikan bisa juga diganti dengan tepung kepala udang, tepung tulang maupun tepung jeroan. Lalu masukkan bahan pelengkap lainnya seperti dedak halus maksimal sebanyak 30% dari total campuran pakan total.

Jika memakai bungkil kedelai bisa dengan konsentrasi maksimal 40%. Untuk pelengkap lainnya seperti minyak ikan maksimal 10% dari total campuran pakan total. Bisa juga ditambahkan 1% sampai 2% kalsium karbonat atau kapur dan juga sekitar 1% sampai 3% vitamin B komplek dan vitamin lainnya.

Semua bahan ini kemudian dimixer selama 10 menit hingga benar-benar rata. Dan kemudian campuran ini diolah dengan mesin ekstruder sistem kering. Secara otomatis pelet yang dihasilkan sudah dalam keadaan kering dan memiliki sifat pakan apung.

Demikian tadi Cara membuat pelet apung pakan ikan, membuat pelet ikan yang mengapung. Smoga bermanfaat.

NB: Postingan ini di import dari blog otomologi yang di terbitkan kembali untuk sipjos.com dan di sesuaikan struktur kode penulisanya oleh : pakpandir.com | sipjos.com | CutMedia

Reviews

0 %

User Score

0 ratings
Rate This

Sharing