Kelahiran Aji Saka Raja Sakti Tanah Jawa

Postingan ini akan menunjukan Kelahiran Aji Saka Raja Sakti Tanah Jawa lengkap dengan video. Silakan disimak postingan video diatas, smoga bermanfaat.

Diskripsi Video Kelahiran Aji Saka

Legenda Aji Saka terdapat dalam karya serat Ronggowarsito yakni Serat Paramayoga dan Pustaka Raja Purwa. Dalam Paramayoga, cerita legenda Ajisaka lebih berfokus pada kisah asal usul dan kelahirannya, berbeda dengan Pustaka Raja Purwa dimana cerita Aji Saka lebih pada eksistensinya sebagai raja pertama di pulau jawa. Karena lahir sebagai sosok unik, dia akhirnya memiliki kemampuan layaknya pendekar super sakti mandraguna hingga dianggap salah satu pendekar Jawa Kuno.

Kisah Aji Saka juga dihubungkan dengan mitos atau legenda asal usul pulau Jawa dan terciptanya aksara Jawa Lengkap. Tulisan aksara Jawa atau huruf/aksara Jawa ini kemudian hari lebih populer disebut aksara atau tulisan HaNaCaRaKa. Mengenai bagaimana cara menulis aksara jawa anda bisa menemukannya di berbagai tutorial internet.

Dalam Paramayoga, dikisahkan leluhur Aji Saka dari jalur ayah adalah pembuat senjata pusaka tersakti di dunia dan hanya dimiliki para dewa. Sejak kecil, Aji Saka yang disebut juga Jaka Sengkala, memiliki kemampuan ilmu supranatural dan telah menunjukkan ciri-ciri anak cerdas atau anak istimewa. Dia menguasai berbagai ilmu sakti. Karena sudah bosan dengan kesehariannya, Jaka Sengkala kemudian mencari ayahnya yang sedang membuat senjata pusaka di tengah lautan. Tujuannya agar diberi petunjuk, dimanakah tempat guru yang memiliki ilmu paling sakti. Dalam usahanya itu, Aji Saka akhirnya bertemu dengan Batara Wisnu. Dalam versi Wayang, Batara Wisnu sendiri merupakan simbol keadilan dan keabadian. Kepadanyalah Aji Saka ingin berguru, apalagi setelah Dewa Wisnu menunjukkan ilmu kesaktian nyata di depan matanya sendiri.
Beberapa tahun kemudian, terjadi sesuatu yang membuat Aji Saka kemudian pindah ke tenggara dan mendirikan Kerajaan Pertama di Pulau Jawa dan menjadi Raja Jawa Pertama. Di Pulau Jawa ini, dengan ilmu sakti mandraguna yang dimiliki, dia mengalahkan banyak musuh-musuhnya.

Baca Juga:   Jangan Pacaran Sama Wanita Jawa Nanti Bisa Menyesal

Demikian secara singkat kisahnya, namun dengan menonton video kami diatas, anda akan mendapat cerita legenda Aji Saka secara lebih jelas lagi. Cerita Aji Saka sudah banyak diangkat ke berbagai sinetron, kesenian kethoprak hingga pertunjukan wayang, baik dalam bahasa Indonesia maupun cerita legenda bahasa Jawa.

Selain menulis serat yang masuk dalam genre dongeng, Ronggowarsito juga menulis berbagai ramalan. Ramalan Ronggowarsito atau Kata-Kata Ronggowarsito begitu populer dan terkenal bahkan kepopulerannya mengalahkan biografi sastrawan Indonesia lampau ini. Ya, ramalannya lebih dikenal masyarakat ketimbang riwayat perjalanan hidup Raden Ngabehi Ranggawarsita sendiri. Namun buat anda yang ingin mengetahui siapa sebenarnya Ronggowarsito, anda bisa menuju link video kami yang lain berikut ini : https://youtu.be/SRuP-z_ZjuA

***

TRAKTIR KAMI NGOPI :
Adalah apresiasi nyata dari pandemen yang ingin mensupport karya kreatif kami di “channel youtube” dengan mendukung kegiatan balik layar. Saat mempersiapkan produksi, teh, kopi dan gorengan adalah sajian umum yang kami comot sambil riset, dubbing, ngutak atik ilustrasi, hingga finishing video. Kami membuka ruang bagi anda yang secara sukarela menghibahkan sedikit dananya untuk “sesajenan“ memenuhi kegiatan balik layar tersebut dengan menuju link : https://karyakarsa.com/traktirkamingopijagadmandala/traktir-kami-ngopi

***

CERITA SERIAL VERSI VIDEO:
https://karyakarsa.com/jagadmandala/daftar-episode-dan-status-tayangan

KAJIAN DAN WACANA
Jagad Mandala: https://www.youtube.com/c/JAGADMANDALA

CERITA , MITOS DAN LEGENDA
Jagad Mandala Pictures: https://www.youtube.com/c/JAGADMANDALAPICTURES

KONTAK – OFFICIAL
Facebook Jagad Mandala :
https://www.facebook.com/jagadmandala…

Baca Juga:   Filosofi Mie Instan Dalam Kehidupan

***

KAMI BERHAK UNTUK :

Menghapus komentar tidak mendidik, menista suatu golongan atau atas pertimbangan kenyamanan publik lainnya. Kami ingin tiap komentar di channel ini ramah bagi segala usia.

Tujuan channel ini adalah mengangkat ulang wacana kebudayaan lokal, demi menjaga kemajemukan yang telah menjadi takdir bangsa ini. Sudut pandang yang berbeda tidak masalah karena suatu wacana memang selalu punya dua sisi yang berbeda.

JAGAD MANDALA PICTURES adalah channel yang diset dalam kategori hiburan, dengan harapan, para penyimak tidak terlalu serius saat menonton wacana yang disajikan. Apalagi jika sampai terseret menjadikan layaknya berita televisi, debat politik bahkan SARA.

#JagadMandala #JagadMandalaPictures

NB :
Postingan ini di terbitkan oleh CutMedia. Dengan judul Kelahiran Aji Saka Raja Sakti Tanah Jawa .

Postingan video ini kami embad dari chanel youtube yang tentunya anda bisa cek detail informasi video dan chanelnya dengan mengikuti link yang ada di video di atas. Jika postingan tentang ini bermanfaat silakan bagikan ke media sosial kesayangan kalian.

Reviews

100 %

User Score

1 ratings
Rate This

Sharing