Mengatasi Penyakit Jamur Pada Ikan Lele

Mengatasi Penyakit Jamur Pada Ikan Lele – Ikan lele adalah jenis ikan yang sejak dulu menjadi favorit bagi peternak untuk dibudidayakan, selain mudah dalam perawatannya dan dapat tumbuh lebih cepat dibanding jenis ikan lainnya, ikan lele
juga termasuk ikan yang bergizi tinggi yang selalu dicari dan diidamkan oleh berbagai kalangan.

sehingga permintaan di pasaran selalu meningkat. Banyak sekali warung makan atau restoran yang mengolah ikan lele
dalam berbagai jenis masakan dan olahan makanan.

Sebagai peternak, tentu tidak mungkin tidak mengalami resiko atau masalah dalam perjalanan budidayanya. Akan ada masalah yang akhirnya menjadi pengalaman baru dan menambah wawasan. salah satu diantara beberapa masalah pada ikan lele misalnya Penyakit Jamur.

Penyakit Jamur Pada Ikan Lele

Salah satu yang terkadang ditemui adalah adanya jamur pada ikan lele. Yang dapat terjadi karena benih yang tidak sehat, lingkungan yang kurang bersih, atau terpapar kuman penyakit.

Dibawah ini merupakan cara mengatasi penyakit jamur pada ikan lele:

Pahami gejala dasar penyakit jamur

Sebelum membahas cara mengatasi jamur pada ikan lele tentu kita wajib memahami terlebih dahulu bagaimana gejala jamur pada ikan lele yaitu ikan menjadi lebih lamban gerakannya dan cendeung malas atau tidak aktif.
sering terlihat mendekatkan badan pada pinggir kolam atau benda sekitar, dan terlihat bintik bintik putih di tubuhnya.

Baca Juga:   Cara budidaya cacing tanah

Cari tahu penyebab penyakit jamur

Jamur pada ikan lele dapat terjadi karena beberapa faktor yaitu:

  1. Buruknya kondisi air kolam.
  2. Suhu air atau lingkungan yang terlalu dingin.
  3. Kurangnya pasokan cahaya matahari,
  4. Stres pada ikan.

Amati dari berbagai faktor tersebut yang merupakan kemungkinan menjadi penyebabnya dan segera perbaiki kondisi yang berhubungan dengan penyebab.

Pisahkan ikan yang sakit

Langkah pertama dalam cara mengatasi jamur pada ikan lele ialah memisahkan ikan yang sakit dengan ikan yang sehat, jangan sampai ikan yang sehat ikut tertular.

Letakkan ikan tersebut pada wadah atau tempat yang berbeda tetapi tetap berikan air yang sama dari kolam tempat tinggalnya agar ia tidak stres dan mencegah infeksi kecuali jika penyebab jamur terjadi karena lingkungan air yang kotor.

Gunakan garam dapur

Taburkan garam pada kolam yang ditempati ikan sehat serta pada wadah khusus untuk ikan yang sakit, menaburkan garam akan memperbaiki sanitasi pada lingkungan kolam sehingga mencegah uman berkembang dan menstabilkan kondisi air kolam.

Karena bukan tidak mungkin virus jamur yang terdapat pada ikan sakit dapat beredar di kolam dan beresiko bagi ikan yang sehat.

Reviews

0 %

User Score

0 ratings
Rate This

Sharing