Sayuran yang bagus untuk pakan lele

Sayuran yang bagus untuk pakan lele – Bisnis budidaya lele sedang cukup marak di tengah masyarakat. Tingginya permintaan pasar membuat pembudidaya mulai gencar bersaing untuk menghasilkan ikan lele dengan kualitas terbaik.

Salah satu faktor yang sangat berpengaruh terhadap kualitas ikan lele adalah jenis pakan yang diberikan. Pemilihan pakan yang tepat dapat membantu lele menjadi lebih cepat besar dan terhindar dari penyakit.

Dalam pemberian pakan ini, pembudidaya bisa membedakannya menjadi dua jenis yakni pakan utama dan pakan alternatif. Umumnya, pakan utama untuk ikan lele adalah pelet buatan pabrik yang sudah diformulasikan dengan berbagai bahan bernutrisi tinggi.

Sedangkan pakan alternatif lele dapat berasal dari bahan-bahan alami seperti sayuran atau tumbuhan. Nilai gizi pada pakan alternatif tidak kalah dengan pakan utama produksi pabrik. Ingin tahu apa saja? Simak ulasan seputar sayuran untuk pakan lele berikut in

Sayuran Yang Bagus Untuk Pakan Lele

Daun Talas

Tumbuhan yang masuk dalam rumpun umbi-umbian ini dapat menjadi santapan lezat bagi lele. Daun talas memiliki nilai gizi tinggi yang terdiri dari protein, energi, lemak, dan karbohidrat.

Kandungan nutrisi yang terdapat pada daun talas ini dapat membantu mempercepat pertumbuhan ikan lele. Tidak hanya itu saja, daun talas juga kaya akan antioksidan yang dapat membantu meningkatkan kualitas air.

Untuk membuat pakan ini, siapkan beberapa lembar daun talas segar. Pisahkan bagian daun dari tangkainya lalu potong kecil-kecil untuk memudahkan ikan dalam menelannya. Agar lebih menarik untuk dimakan, tambahkan tepung ikan dan sedikit air. Pakan lele dari daun talas pun siap diberikan.

Daun Pepaya

Daun pepaya turut masuk dalam kategori sayuran untuk pakan lele yang murah meriah dan mudah ditemukan di sekitar. Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya atau bahkan bisa mendapatkan pakan ini secara gratis.

Untuk memanfaatkan pakan ini pun cukup mudah untuk dilakukan. Pertama, petik beberapa lembar daun pepaya lalu letakkan diatas kolam. Tunggu beberapa hari hingga daun pepaya dipenuhi dengan lumut.

Baca Juga:   Mengenal jenis ular piton dan cara melepas lilitan ular

Lumut yang menempel pada daun pepaya inilah yang nantinya akan menjadi makanan sehari-hari bagi lele.Manfaat utama dari pakan ini adalah dapat membantu meningkatkan imunitas dan sistem kekebalan ikan lele. Dengan begitu, lele akan terhindar penyakit-penyakit berbahaya.

Selain menjaga imunitas tubuh, daun pepaya dapat membantu menjaga kadar pH atau tingkat keasaman air kolam. Hal inilah yang membuat daun pepaya sering dijadikan pakan alternatif untuk menunjang efektifitas pakan utama.

Batang Pisang

Sering disebut sebagai ‘pohon seribu guna’, pisang ternyata juga dapat dijadikan pakan alternatif untuk lele. Bagian batang pisang dapat diolah menjadi makanan lezat untuk lele. Batang pisang sangat mudah untuk didapatkan karena banyak tersedia di area sekitar.

Sebelum diberikan pada ikan lele, Anda harus mengolahnya terlebih dahulu. Pertama, bersihkan batang pisang hingga tidak ada zat lilin yang tersisa. Jika sudah cukup bersih, masukkan batang pisang ke dalam kolam tanpa ikan yang sudah diisi air. Diamkan batang pisang selama 3 harian.

Proses ini disebut dekomposisi yang akan membantu mempercepat munculnya larva atau belatung pada pelepah pisang. Larva atau belatung inilah yang akan menjadi santapan bagi ikan lele.

Pakan alternatif ini sangat direkomendasikan untuk diberikan pada lele yang sedang dalam masa pertumbuhan. Hal ini dikarenakan larva memiliki kandungan protein yang sangat tinggi sehingga baik untuk pembesaran lele.

Daun Singkong

Ternyata tidak hanya manusia saja yang suka dengan daun singkong, ikan lele pun suka dengan daun singkong. Sama seperti batang pisang, daun singkong juga sangat mudah ditemukan di sekitar.

Pakan lele alternatif satu ini memiliki kandungan protein tinggi yang sangat bermanfaat bagi pertumbuhan dan perkembangan ikan lele.
Sebelum diberikan pada lele, rebus daun singkong terlebih dahulu.

Setelah mendidih, angkat dan tiriskan daun singkong, tunggu hingga agak dingin lalu peras airnya. Rendam daun singkong selama setengah hari lalu jemur hingga kering. Pakan lele alternatif dari daun singkong ini siap Anda berikan sebagai pendamping pakan utama.

Baca Juga:   Bahan Bakar Truk Mitsubishi Fuso Euro4 Bukan Solar Biasa

Daun Turi

Daun turi memiki nilai gizi tinggi yang dapat membantu perkembangan ikan lele. Kandungan gizi pada daun turi meliputi 31 persen protein, 29 persen serat kasar, 8 persen lemak kasar, dan 7 persen abu.

Meski memiliki kandungan gizi yang lengkap, daun turi kurang direkomendasikan jika diberikan terlalu sering.Hal ini dikarenakan kandungan serat kasar yang ada didalamnya terhitung cukup tinggi.

Kandungan serat kasar yang terlalu tinggi akan menghambat sistem pencernaan ikan dan tidak bisa dicerna dengan sempurna. Makanan yang tidak dicerna dengan sempurna akan membuat ikan mengalami penyumbatan pencernaan.

Maka dari itu, sebelum diberikan pada ikan lele, daun turi perlu diolah terlebih dahulu guna menghilangkan kandungan serat kasar yang ada didalamnya. Untuk menghilangkan serat kasar ini, Anda perlu melakukan fermentasi selama 48 jam terlebih dahulu.

Setelah masa fermentasi selesai, jemur daun turi hingga kering lalu tumbuk atau giling hingga halus. Setelah bertekstur seperti tepung, Anda bisa langsung memberikannya pada ikan lele.

Azolla Microphylla

Sayuran untuk pakan lele yang selanjutnya ini berasal dari kelompok tumbuhan paku bernama Azolla Microphylla. Tumbuhan paku ini banyak tersedia di sekitar rumah dan bisa Anda dapatkan secara gratis.

Sering dianggap sebagai tumbuhan parasit, azolla microphylla memiliki banyak manfaat untuk pertumbuhan ikan lele.Tumbuhan ini sengaja dikembangbiakkan untuk dijual kepada para pembudidaya ikan.

Pakan alternatif ini tidak hanya dapat diberikan pada lele saja namun juga pada ikan lain seperti nila dan mujair. Sama seperti sayuran lain, lele tidak akan tertarik memakannya jika tidak diolah terlebih dahulu. Lele akan leih memilih pelet dibanding tumbuhan paku ini.

Untuk membuat lele mau memakannya, Anda bisa memainkan trik dengan tidak memberikan pelet selama 24 jam. Sebagai gantinya, Anda bisa memberikan azolla microphylla ini agar dimakan oleh lele.

Baca Juga:   Cara membuat air kolam ikan lele berwarna hijau

Namun kendati kandungan proteinnya tidak cukup tinggi, tumbuhan ini hanya bisa dijadikan selingan saja dan harus tetap diberikan pakan utama untuk menunjang pertumbuhan si ikan.

Eceng gondok

Tanaman hama yang sering tumbuh bebas di area waduk ini masuk dalam daftar sayuran untuk pakan lele yang paling diminati oleh para pembudidaya. Eceng gondok memiliki kandungan protein sekitar 15 persen yang dapat membantu mempercepat pertumbuhan ikan lele.

Tanaman ini mudah ditemukan di area perairan sekitar rumah, terutama di waduk dan rawa-rawa. Sayangnya, tanaman ini dapat menganggu ekosistem air yang berimbas pada kehidupan di bawah air. Maka dari itu, eceng gondok tidak disarankan untuk dikembangbiakkan di atas area kolam lele.

Kangkung

Sayuran penuh zat besi satu ini juga dapat menjadi pakan alternatif untuk lele. Harganya yang murah membuat kangkung banyak dipilih para pembudidaya untuk diberikan pada lele.

Terkait pengolahannya, Anda bisa memberikannya secara langsung atau mengolahnya dengan tepung ikan terlebih dahulu. Kangkung memiliki kandungan serat kasar dan protein yang seimbang sehingga dapat membantu mempercepat proses pembesaran lele.

Sayuran Untuk Pakan Lele

Meskipun Anda dapat mengolah sayuran untuk memenuhi kebutuhan pakan lele, akan tetapi pakan pabrik tetap menjadi pilihan terbaik untuk pakan lele Anda. Pakan Pabrikan telah mengandung gizi dan nutrisi lengkap yang diformulasikan khusus untuk budidaya lele.

Demikianlah jenis-jenis sayuran untuk pakan lele yang sering dipilih para pembudidaya untuk menunjang efektifitas pakan utama dalam mempercepat pertumbuhan ikan. Untuk Anda pembudidaya pemula, pilih pakan alternatif dengan harga yang terjangkau guna menekan pengeluaran pakan.

NB: Postingan ini di import dari blog otomologi yang di terbitkan kembali untuk sipjos.com dan di sesuaikan struktur kode penulisanya oleh : pakpandir.com | sipjos.com | CutMedia

Reviews

0 %

User Score

0 ratings
Rate This

Sharing