11 Jenis Pakan Belut

Berikut ini 11 jenis pakan belut. Beita terbaru sipjos.com tentang pakan belut jenis pakan belut untuk pembesaran dan budidaya – Belut termasuk hewan karnivora yang lebih suka pakan alami dan segar, namun demikian belut juga bisa diberikan pakan buatan.

Cara makan belut di media lumpur adalah dengan menunggu mangsa di dalam lubang dan akan aktif keluar luar lubang untuk mencari makan ketika malam hari, ini sebabnya anda sebaiknya memberi makan di atas jam 17.00.

Pakan belut Budidaya

Dalam masa budidaya, Belut memerlukan pakan sekitar 2 – 5 % perhari dari bobot tubuhnya. Berikut beberapa pakan belut serta cara pemberianya.

Cacing Lumbricus rubellus (cacing tanah)

Cacing tanah merupakan salah satu pakan alami terbaik, yang memiliki nilai protein yang sangat tinggi. Cacing tanah jenis lumbricus rubellus adalah cacing tanah yang dapat dibudidayakan dengan mudah.

Kandungan nutrisi cacing lumbricus menurut laverach (1963), dalam bentuk segar atau basah: Protein 16,3%, karbohidrat 17%, lemak 4,5%.

Sedangkan dalam keadaan kadar kering 15%-20%, kandungan protein 53,5 – 71,5 %.Cara pemberian pakan belut dengan cacing tanah adalah sebagai berikut:

  1. Timbang cacing sesuai bobot kebutuhan pakan perhari.
  2. Bersihkan cacing dari sisa-sisa media dengan cara disiram air sebaiknya cacing dipotong– potong atau digunting agar tidak terlalu besar dan disesuaikan dengan ukuran mulut belut.
Baca Juga:   14 Manfaat Ikan Lele Untuk Kesehatan

Taburkan potongan cacing tersebut tepat disaluran air (kamalir) pada kolam belut. Tidak boleh menabur pakan pada sembarang tempat. Karena belut hanya akan mencari makan disaluran air (kamalir) saja.

Keong mas atau keong sawah

Keong mas atau keong sawah (pila ampullacea)adalah jenis siput air tawar yang mudah ditemukan diperairan air tawar Asia tropis, seperti disawah, danau, kali, dll.

Keong sawah memiliki kandungan gizi yang tinggi, menurut Positive Deviance Resource Centre : kondisi segar/basah memiliki protein 12 %, kalsium 217 mg, rendah kolesterol, 81 garam air dalam 100 gram keong dan sisanya mengandung energi, karbohidrat dan posfor.

Sementara kondisi kering kandungan protein 57,76%. Selain mudah didapat dan ketersediaanya melimpah dialam, keong mas meupakan salah satu pakan yang baik untuk perkembangan belut. Cara pemberian pakan belut dengan keong yaitu :

  1. Pisahkan daging keong dengan cangkanya, dengan cara masukan keong kedalam air mendidih sekitar 5 menit, kemudian angkat dan dinginkan.
  2. Kemudian daging keong akan dengan mudah dicongkel/dikorek dari cangkangnya.
  3. Timbang daging keong sesuai kebutuhan bobot pakan belut perhari.
  4. Cincang keong kecil – kecil atau sesuaikan dengan mulut belut.
  5. Taburkan cincangan keong tersebut tepat disaluran air (kamalir) pada kolam belut. Tidak boleh menabur pakan pada sembarang tempat.
  6. Karena belut hanya akan mencari makan disaluran air (kamalir) saja.

Bekicot

Bekicot merupakan jenis siput darat yang dapat diperoleh dengan mudah dan ketersediaanya sangat berlimpah. Bekicot merupakan salah satu jenis pakan belut yang baik dengan kandungan gizi yang sangat tinggi.

Baca Juga:   Cara meningkatkan populasi plankton dalam kolam ikan

Reviews

0 %

User Score

0 ratings
Rate This

Sharing